Family Business & Community Business

Harry Santosa
December 9·

Family Business & Community Business

Di masa depan peran keluarga dan peran komunitas akan semakin menguat. Keluarga keluarga mulai menyadari pentingnya memiliki misi keluarga sebagai keniscayaan untuk ketahanan keluarga dan pendidikan anak anaknya.

Tentu ini berawal dari akan semakin banyak lahirnya generasi masa depan yang sejak muda sudah punya misi personal. Misi personal sejak muda, nampak dari banyaknya anak muda hari ini yang lebih suka memulai bisnis sendiri atau membuat startup business daripada bekerja menjadi karyawan atau buruh.

Misi personal sejak muda ini, ketika mereka menikah akan menjadi misi keluarga. Misi keluarga inilah kemudian yang akan berkembang menjadi bisnis keluarga dan juga menjadi kurikulum pendidikan anak anaknya untuk melanjutkan misi dan bisnis keluarga di masa depan.

Regeneration parenting kemudian menemukan bentuknya, bahwa anak anak kita tidak lagi sekedar dididik untuk menemukan peran peradabannya atau misi hidup personalnya namun melanjutkan misi keluarga yang dirintis oleh ayah dan ibunya sebagai kelanjutan perjuangan dan amal jariah yang terus mengalir pahalanya. Family mission, family business kemudian family legacy.

Tentu misi keluarga akan berkembang menjadi bisnis keluarga, namun bukan bisnis untuk tujuan mencari uang dan dunuawi karena uang dan duniawi hanyalah efek dari manfaat yang kita berikan kepada ummat. Makin besar manfaatnya, makin besar uang yang diterima.

Semakin ajek dan mulia misi keluarga semakin banyak ia menebar manfaat, semakin banyak menebar manfaat maka kemudian materi dan syurga adalah efek dari manfaat yang diberikan bagi ummat dan itu juga yang membuat Allah ridha.

Jadi bisnis keluarga pada hakekatnya adalah upaya dan usaha untuk mendeliver manfaat dengan lebih luas, besar, professional, akuntabel dan sustainabel karena akan juga diwariskan kelak, baik peran, branding, wisdom dan knowledge juga manfaat dan aset.

Community based Business

Keluarga keluarga itu tentu tak bisa sendirian, secara alamiah keluarga keluarga ini akan membentuk komunitas bersama keluarga lain yang memiliki belive yang sama. Awalnya bisa dimulai pada kebersamaan dalam hal yang paling penting yaitu mendidik anak.

Community based Education (CBE) adalah jawaban dari kebutuhan untuk membesarkan anak secara bsrsama dengan keluarga keluarga yang memiliki keyakinan dan platform yang sejalan. Lalu terjadilah kolaborasi seru saling berbagi pengalaman dan perjalanan mendidik. Sepanjang dewasa dalam berkomunitas, maka yang terjadi adalah saling mengkayakan dan saling mencahayakan.

Berkomunitas bukan melebur sehingga kehilangan peran unik dan identitas masing masing, namun berkomunitas adalah bersinergi atas peran peran unik masing masing dan sekaligus menjalankan peran atau misi bersama komunitas.

Pada perkembangannya kemudian, niscaya CBE akan berkembang menjadi Community based Business (CBB), karena komunitas secara alamiah adalah tempat bertemunya misi keluarga yang unik termasuk bisnis keluarga yang juga unik. Komunitas tidak boleh menggerus keunikan identitas keluarga, nsmun justru mensinergikan dan menghebatkannya.

Peradaban adalah hasil perpaduan peran pendidikan dan peran pemberdayaan, saling mencahayakan peran masing masing, sehingga tegaklah peradaban yang menyinari. Ibarat taman peradaban, bunga bunga yang ada tak seragam, namun ditata agar keindahan warnanya menjadi paduan harmoni yang indah.

Dengan berkolaborasi, akan terjadi supply dan demand dalam banyak hal baik pengetahuan, jasa, barang dsbnya di dalam komunitas. Sepanjang dewasa dalam berkomunitas, maka yang terjadi adalah saling mengkayakan dan saling mencahayakan.

Community based Business selain memfasilitasi family business , tentu bisa juga bahkan harus ada bisnis yang dikelola bersama dengan mengutamakan supply chain dan customer based di dalam jaringan komunitas itu sendiri.

Jika ini berjalan harmoni, maka kemudian akan datang masa dimana keluarga dan komunitas begitu berdaya menegakkan peradabab, karena begitulah sesungguhnya peradaban itu, ia adalah milik keluarga dan komunitas, karena dari keduanyalah lahir generasi peradaban dengan peran peran peradaban terbaik dan adab termulia yang berkelanjutan.

Salam Pendidikan Peradaban

#fitrahbasededucation
#fitrahbasedlife
#communutybasededucation
#communutybasedbusiness

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s