Kompetisi

Harry Santosa
August 19 ·

Hal paling buruk yg diajarkan di sekolah modern tanpa Tuhan walau berlabel agama sekalipun adalah kompetisi saling meniadakan, saling jegal dan menjatuhkan, saling intip permainan lawan dan menunggu nunggu saat menghantamnya habis habisan. Camkan baik baik bahwa kemenangan itu segalanya dan menjadi pecundang adalah kehinaan tiada tara, maka wahai yg menang tunjukanlah kehebatanmu dan pecundangiah mereka yg kalah, dan wahai yg kalah jangan mau mengalah, selalu buat buruklah mereka yg menang.

Atas nama kebenaran dan agama juga keyakinan ideologi masing masing lalu menjadi sah menuduh lawan dalam kompetisi sebagai setan durjana, lalu menjadi halal menghinanya sebagai orang orang bodoh sedunia. Menjadi kewajiban fardu ain menghinanya, memakinya dan mengolok oloknya bagai penghuni neraka. Ajaran ajaran kebaikan hanya berlaku pada sesama yang berada dalam gerbong yang sama. Kebaikan apapun pada gerbong sana adalah cuma pencitraan dan fatamorgana.

Kompetisi saling meniadakan dan segala kecanduan yang menyertainya adalah musuh terbesar fitrah manusia.

Begitulah yang membedakan Obsesi ingin berkuasa lalu mengambil sebanyak banyaknya dengan Misi memperbaiki bangsa lewat kekuasaan. Obsesi itu selalu melihat rival sebagai ancaman dan halangan, bukan melihat sisi kebaikan rival sebagai kesempatan untuk melanjutkan kebaikan kebaikannya demi bangsa. Obsesi itu nampak pada mengobrak abrik kebijakan rival apabila menang berkuasa, yang penting asal beda, tak boleh nampak kebaikan rival walau seujung kukupun.

Tulisan ini bukan nasehat, karena mereka yang berkompetisi dan merasa paling benar sudah tak butuh nasehat, hidupnya sudah abadi dengan berada pada jalan obsesinya. Tulisan ini teruntuk kita yang punya misi hidup yang ajeg, yang fokus menebar dan berlomba menebar manfat pada pacuannya sendiri. Tak perlu menunggu berkuasa dan memegang dunia untuk menebar manfat sebesar besarnya bagi semesta.

Salam Pendidikan Peradaban

#fitrahbasededucation
#pendidikanberbasisfitrah

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s