Percaya Diri Mendidik Anak Sendiri

Adriano Rusfi

Jika AyahBunda bertanya,

“Bagaimana mendidik anak untuk bertanggungjawab ?”

“Bagaimana mendidik anak agar kelak dapat hidup dalam kemandirian?”

“Bagaimana mendidik anak yang mampu memecahkan masalah ?”

Maka, saat AyahBunda dulu di masa kecil pernah dididik tanggungjawab, kemandirian, kemampuan memecahkan masalah dan sebagainya, dapat dijadikan referensi dengan menggali pembelajaran masa lalu yang pernah dijalani dan dialami untuk dijadikan modal mendidik putra putri sendiri.

Sebelum banyak bertanya ke luar tentang pendidikan dan pengasuhan, pengalaman pribadi dan masa lalu hendaknya dijadikan sebagai referensi, literatur dan perpustakaan internal dalam mendidik dan mengasuh anak.

Pengalaman dan masa lalu yang buruk dan negatif sekalipun adalah referensi pendidikan dan pengasuhan yang sangat baik. Paling tidak dapat berfungsi sebagai pembanding tentang hal yang tak perlu diulangi di masa kini dan masa depan dalam mendidik dan mengasuh anak.

Masa individuasi (usia 0-6 tahun) yang tak berkembang paripurna dan keracunan “dibanding-bandingkan dengan orang lain sejak kecil” bisa menjadi “muatan karung masa lalu” di masa kini saat mengemban amanah dan karunia putra-putri. Berdamai dengan masa lalu dan bertekad melangkah maju dengan perbaikan yang perlu, harus menjadi turning point saat melangkah dengan ijab qabul.

Merasa bahwa masa perjuangan adalah masa sulit yang tak perlu diulangi oleh putra putrinya dengan alasan tak tega. Tetapi justru tega merampas hak anak untuk berjuang yang seharusnya menjadi lahan untuk bertumbuh menjadi pribadi yang bertanggungjawab, mandiri dan mampu menjadi problem solver dan goal getter.

Mari belajar dari masa lalu dengan berdamai dengan masa lalu. Karunia akal budi dari Sang Maha Pencipta hendaknya disyukuri dengan ungkapan yang sangat dikenal : Pengalaman adalah Guru Terbaik.

.
Image may contain: one or more people, sky, nature and outdoor

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s