Bekerja Tanpa Kartu Nama : Jeff Bezos

JUSMAN SYAFII DJAMAL·
TUESDAY, MARCH 6, 2018

Revolusi Digital melanda dunia. Ada “the big four”, empat perusahaan raksasa, yang mendorong percepatan pengaruh kekuatan dunia maya ditengah kehidupan kita. Dulu kita sering bingung dennen istilan dunda gaib. Ada tayangan tv khusus yang selalu membuat seri berita tentang dunia gaib. Tetapi jarang yang membuat serial tv bercerita tentan dunka maya.Cyber space mengalahkan physical space. Online bisnis menaklukkan bisnis retail dan Toko kelontong.

The Big four tersebut adalah : Apple yang berhasil menciptakan “super computer” dalam genggaman, iPhone X, Ipad generasi terakhir dan iMac pro dengan multi processor paralel. Facebook dan Google yang membuat semua orang mau tidak mau selalu terkoneksi dengan internet. Disetiap sudut dunia manapun, melalui google maps tiap orang dapat menemukan “navigator” jika tersesat.

Begitu juga facebook ditiap pojok warung kopi manapun , tiap orang dapat terkoneksi satu sama lain dalam jaringan pertemanan. Dan melalui Amazon tiap orang dapat memesan pelbagai produk apa saja sesuai kebutuhan melalui smartphone dalam genggaman. Barang tiba langsung didepan pintu rumah.

Kekuatan Big Four ini menarik untuk ditelaah bukan arena profit and loss statement nya melainkan dari kekayaan yang diciptakan ditengah masyarakat. Keempat perusahaan ini berhasil menciptakan kurang lebih 2,3 Trillion dollar kekayaan melalui penciptaan ratusan ribu lapangan kerja baru dalam dunia digital yang sebelumnya tidak dikenal. Juga dalam bentuk kepemilikan saham sert kesempatan nutuk memunculkan opportunities bagi Jutaan orang diseluruh dunia melalui platform digital.

Masa dimana orang berbahagia karena kartu nama yang dimiliki seolah kini mulai memudar dengan kehadiran revolusi digital. Di Jepang telah muncul kantor kecil dengan jumlah ribban bekerja tappa kartu nama yang hanya Masuk sebulan sekali dikantornya. Kordinasi, teamwork, laporan pekerjaan dikembangkan melalui jaringan internet dan hubungan Tilpon melalui “Skype” dan software lainnya. Sementara di Indonesia semua kantor sibuk memasang cctv dan mesin absensi untuk mencatat berapa orang pekerja membolos tiap Hari untuk dipotong gajinya.

Ketika Jeff Bezos diwawancara, dan ditanya tentang tuduhan bahwa Amazon dan big four adalah kekuatan yang merusak lapangan kerja tradisional. Perihal Disruption effect, dia menjawab kurang lebihnya dengan mengatakan : lapangan kerja yang kadaluarsa pastilah lenyap ditelan kemajuan teknologi. Seperti juga Pekerjaan Tukang sado menyusut ketika mobil ditemukan. Nelayan dengan kekuatan pengayuh sampan traditional menyusut perannya dengan ditemukannya perahu layar jenis pinisi .

Ini yang disebut oleh pakar seperti Prof Rhenald Kasali sebagai fenomena “Disruption and Job Shifting”. Disrupsi pendapatan karena kehilangan lapangan kerja yang pinch ke jenis Lapangan kerja yang berbeda. Kini banyak generasi millineal yang tidak lagi berorientasi pada pangkat dan jabatan atau kartu nama. Apalagi jika mereka menemukan cara bagaimana Amazon mampu menciptakan Revenu sebesar 28 Milyar Dollar tahun 2016,where essentialy “retail environment” are flat growth. Model bisnis “virtual retail shop” ala Amazon akan terus berkembang , diprediksi 76 000 retail jobs tardisional akan dalam ancaman tahun ini.

Revolusi Digital bikin kita bertanya kartu nama seperti apa yang diperlukan dimasa depan pada setiap “job assignment” yang mungkin muncul. Ada perubahan nomenklatur yg pasti terjadi, jenis pekerjaan lama ada yg hilang diganti yg baru .

Bahkan banyak pekerjaan dgn “value creation” lebih tinggi tidak memerlukan kartu nama dan nomenklatur. Anonim.

Dalam Revolusi Digital pengaruh kartu nama mungkin sedikit memudar, yg lebih menonjol “pilihan opsi wealth driven dan value creation “ seperti apa yg menentukan daya pengaruh seseorang pada sekitarnya.
Apa benar begitu ? Sayang Mau nulis lebih banyak teman telah berkunjung keruang kerja. Sy akhiri tulisan ini.

Salam

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s