Blockchain, Desentralisasi Data tanpa Otoritas Tunggal ??

JUSMAN SYAFII DJAMAL·TUESDAY, MARCH 6, 2018

Teknologi Blockchain menjadi “buzzword”, kata yang dewasa ini telah menarik perhatian banyak kalangan pengusaha, pemerintah, dan perbankan. Mereka semua mengalokasikan sebagian investasi dan sumber daya untuk secara cepat mendapatkan pemahaman yang lebih jelas tentang paradigma Blockchain. Untuk mengambil ancang ancang melompat lebih maju ke depan untuk memanfaatkan teknologi kunci masa depan.

Blockchain secara sederhana dapat dilihat sebagai sebuah spectrum tatakelola yang muncul dari konstruksi arsitektur komputasi terdistribusi atau distributed computing architectural constructs, hingga tata kelola database antarmuka yang bersifat global dan universal atau a universally global database of interfaces yang akan mengintegrasikan banyak sumber data yang muncul dari pelbagai “devices” dan mesin yang di “plug in” kedalam jaringan system yang dikembangkan.

Blockchain merupakan system database terdistribusi dan terenkripsi. Tempat penyimpanan informasi publik yang tidak dapat lenyap dan rusak. Blockchain dapat didefinisikan sebagai buku besar terdistribusi atau database berisi catatan dari setiap transaksi yang telah terjadi dan di “share” di antara mereka yang berpartisipasi dalam jaringan.

Setiap transaksi atau agenda digital yang tercatat dalam buku besar sebelumnya telah meliwati proses autentikasi , untuk diteliti originalitas sumber dan keaslian berita melalui proses yang disepakati oleh lebih dari setengah dari jumlah peserta di jaringan. Tidak ada peserta atau pengguna sebagai individu yang dapat memodifikasi data apapun dalam Blockchain tanpa persetujuan dari pengguna lain.

Konsep teknologi di balik Blockchain sangat erat kaitannya dengan database. Dalam beberapa tahun terakhir, inovasi teknologi ‘Blockchain’ tampaknya merupakan inovasi teknologi disrupsi. Dasar dari teknologi ini dibangun di seputar teori ‘buku besar terdistribusi’ di mana buku besar disimpan dan dipelihara di jaringan komputer terdistribusi

Fenomena munculnya database terdesentralisasi dan perlunya routing komunikasi untuk berbagi file seperti foto dan video melalui jaringan terpusat atau platform elektronik sebetulnya sudah tersedia dan digunakan secara luas seperti Google Drive, Yahoo, Gmail dan sebagainya.

Dengan menggunakan protokol komunikasi yang terdesentralisasi dan terenkripsi, pesan dapat ditransfer, disimpan dan diambil kapan saja tanpa intervensi pihak ketiga.Dewasa ini, teknologi Blockchains telah memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap cara berkomunikasi dan berbagi data secara online. Sebab menggunakan penggunaan database terdesentralisasi.

Database terdesentralisasi memungkinkan dilakukannya pertukaran data yang terdesentralisasi dengan aman tanpa gangguan pihak ketiga. Jika diperlukan, informasi dapat dipublikasikan dan didistribusikan melalui sejumlah besar devices, komputer dan alat peralatan digital lainnya dengan cara yang terenkripsi sehingga menghilangkan kemampuan satu entitas untuk menyensor.

Contoh Database Terdesentralisasi adalah Sistem Penyimpanan Basis Desentralisasi Anonim, yang menerapkan teknologi Blockchain bekerjasama dengan teknologi peer-to-peer lainnya sehingga memungkinkan orang menggunakan ruang berlebih pada hard disk yang dimiliki.Seperti platform komputasi awan terpusat ke pengguna, namun membentuk tampilan teknologi, mode pengoperasian platform yang berbeda.

Munculnya teknologi Blockchain telah menyebabkan setiap organisasi sekarang mencari cara untuk menggunakan fitur Database Terdesentralisasi, yang didukung oleh teknologi Blockchain untuk memungkinkan orang yang tidak terkait , memilih berinteraksi melalui internet menggunakan perangkat mobile mereka dengan aman tanpa merusak data yang tersedia. Privacy terpelihara.

Perancangan teknologi Blockchain dilakukan sedemikian rupa sehingga teknologi ini tidak bergantung pada lembaga keuangan seperti bank atau pemerintah. Hal ini membuatnya lebih menarik dan kurang rentan terhadap peraturan. Selanjutnya, teknologi Blockchain telah meningkatkan tingkat kecepatan transaksi.

Karena Blockchains dapat mengotomatisasi pesan dengan menambahkan cuplikan kode yang disebut ‘kontrak cerdas’ yang tidak melibatkan keterlibatan manusia dengan cara apa pun, kecepatan pembayaran ditingkatkan. Waktu penyelesaian transaksi lebih rendah karena pihak ketiga telah dieliminasi. Ketangguhan teknologi Blockchain memungkinkan data disimpan di sejumlah besar node. Semakin tinggi jumlah node, semakin tangguh datanya.

Selain itu, kemampuan teknologi Blockchain untuk melayani secara lokal dan global membuatnya lebih menarik. Apalagi teknologi Blockchain telah meningkatkan tingkat efektivitas yang ada saat rekonsiliasi.

Menyebabkan teknologi ini menarik dibawa bermain di sektor keuangan. Bank biasanya mendelegasikan sebuah sistem untuk dijadikan system antarmuka dalam proses interaksi dan tukar menukar data dengan tingkat keamanan tertentu tanpa waktu rekonsiliasi. Teknologi Blockchain memungkinkan proses rekonsiliasi dilakukan secara real-time.

Teknologi blockchain telah berkembang pesat, sementara otoritas perbankan seluruh dunia kini masih terus memikirkan jalan keluar bagaimana mengatur dan membuat transaksi tidak kasat mata yang teradi melalui teknologi bitcoin ini dapat dimonitor dan dikendalikan. Dunia Maya tanpa kendali memang bikin kita tidak nyenyak tidur.

Seperti kata Christopher Lewis dalam bukunya “BLOCKCHAIN: Your Comprehensive Guide To Understanding The Decentralized Future : “Blockchain has revolutionized direct person-to-person financial transactions and has increased safety in conducting business with a stranger without mediation from a trusted third party.But just how far has Blockchain’s disruption reached, and what will it disrupt next?”

Salam

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s