Komunikasi Pengasuhan – Anak Kita Unik

Yayasan Kita dan Buah Hati
Serial Parenting #47

Setiap kita adalah unik. Kita adalah gabungan dari 10.250 gen ayah kita, dan 10.250 gen ibu kita. Hanya sekitar 2%-nya yang membawa pesan genetik yang spesifik. Dan gen ini seperti juga sidik jari kita, tidak ada yang serupa bahkan untuk mereka yang kembar identik sekalipun.

Coba kita hitung, jika masing-masing kita membawa 20.500 gen, 1 gen membawa 1 sifat, sedangkan gen yang membawa pesan spesifik hanya 2%, ada 410 sifat gabungan ayah dan ibu yang muncul pada anak. Sifat mana? Kita tidak pernah tahu. Apakah 205 sifat kita yang turun pada anak pertama juga sama dengan 205 sifat yang turun pada anak kedua? Kita juga tidak pernah tahu.

Maka, mana mungkin kita menyamakan cara pengasuhan pada satu anak dengan anak yang lainnya? Mana mungkin kita memperlakukan semua anak kita dengan satu gaya. Masing-masing mereka berbeda, masing-masing mereka unik dan spesial.

Bahkan, 410 sifat dari satu anak kita juga tidak muncul sekaligus, namun sesuai bagaimana kita mengasuh dan ‘memantik’nya.

Mudahnya begini, semua pasti tahu dong penyanyi muda Fathin Shidqia? Jika ia tidak ‘dipantik’ oleh pujian para juri lomba pencarian bakat yang ia ikuti, gen ‘suara emas’nya mungkin akan tertutup selamanya atau hanya dinikmati oleh keluarga dan teman-temannya. Bahkan ia sendiri tidak menyadari bahwa ia memiliki karunia luar biasa yang dititipkan padanya.

Kita tidak pernah tahu gen apa saja yang dimiliki anak kita. Oleh karena itu kita punya tantangan untuk mengamati dengan sepenuh hati apa saja kecenderungan sifat anak, minatnya, bakatnya, cara ia mengekspresikan dirinya, dan cara paling tepat berkomunikasi dengannya.

Selanjutnya, lihat bagaimana ia bertumbuh. Bagaimana selalu ada sifat baru, minat baru, bakat baru, cara baru untuk mengekspresikan dirinya. Lalu perlakukan ia sebagaimana hasil pengamatan kita. Karena selalu ada kebaruan yang muncul, cara kita bersikap, berkomunikasi, serta isi komunikasi kita dengannya pun akan selalu mengikuti kebaruan itu. Ingat, 410 sifat anak kita tidak muncul sekaligus!

Bagaimana dengan tes minat bakat? Boleh saja dilakukan, tapi hasil tes itu bukan surat takdir. Banyak hal intangible yang hanya dapat diukur oleh pengamatan dan perasaan. Hadir dalam setiap fase pertumbuhannya, nikmati perkembangannya, anak-anak kita akan memberikan ‘pertunjukan’ menakjubkan dari setiap kemunculan ekspresi gen yang dimilikinya.

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s