Science is for Everyone, kids included  (Beau Lotto + Amy O’Toole)

Harry Santosa
Oktober 20, 2012

Jika saya katakan kepada anda, ada sekelompok anak SD yang berusia 8-10 tahun, melahirkan sebuah karya “journal ilmiah” yang diterbitkan oleh lembaga bergengsi dan telah melewati proses seleksi dari tim pakar, apakah anda percaya?

Nah, ternyata itu adalah kisah nyata. Ketika cara pandang terhadap proses penelitian sains dirubah, maka siapapun bisa menjadi scientist. Kisah ini saya dapatkan dari TED.

Beberapa hari lalu saya mendapat kiriman notifikasi email dari TED (Technology, Entertainment, Design), dengan judul seperti di atas. TED adalah sebuah lembaga non-profit yang senantiasa menyebarkan idea2 yang inspiratif dari aksi para penggagas sekaligus tokoh pelakunya. Salah satu tokoh yang pernah dimuat digroup ini adalah SIr Ken Robinson yang pernah mengkritik sistem pendidikan.

Kali ini tokohnya adalah pak Beau Lotto. Beliau mengatakan bahwa setiap kita dapat menjadi scientist dengan cara bermain yang menyenangkan. Sains bukan sesuatu yang memusingkan dan menyakitkan. Awalnya saya tidak begitu tertarik, sepintas biasa saja, bukankah sudah banyak orang yang mencoba mengajarkan sains dengan permainan yang menyenangkan. Tapi tunggu dulu.

Pak Beau Lotto bukan mengajarkan science dengan cara yang menyenangkan atau menunjukkan demonstrasi sains yang menakjubkan namun yang dilakukan memberikan cara pandang yang berbeda mengenai proses science discovery melalui penemuan pola dengan cara bermain. Lalu melibatkan siswa dalam proses penemuan ini dalam suasana yang serba tidak pasti dan belum pernah ada yang menemukan sains ini sebelumnya. Ternyata bermain dapat membantu proses menemukan pola-pola pada “ketidak pastian” untuk menjawab “Why”.

Tidak tanggung-tanggung, pak Beau Lotto, bahkan membimbing anak2 SD, usia 8 – 10 tahun untuk melakukan proses penemuan sains (science discovery) mengenai perilaku lebah terhadap warna bunga. Anak SD itu secara curious dan fun menjalani proses itu layaknya sebuah permainan. Mereka menyusun dan merancang sendiri model percobaan dan mengumpulkan data hasil pengamatan lalu menuliskan kesimpulan-kesimpulan dengan perspektif anak-anak. Pak Beau Lotto dan guru-guru lain memfasilitasi, bahkan semuanya berada pada situasi yang “uncertainty”. Kondisi “ketidakpastian” inilah yang menjadi dasar dari semua permainan yang menyenangkan untuk menemukan pola, dan pola inilah yang disebut dengan pengetahuan atau sains.

Selama 4 bulan, pak Beau Lotto, menemani anak2 SD itu melakukan penelitian, dan akhirnya semua proses dan kesimpulan dituangkan dalam sebuah “Journal Ilmiah”. Karya anak2 ini kemudian dikirimkan ke sebuah lembaga penerbitan journal ilmiah sampai akhirnya diterbitkan dua tahun kemudian.

Anak2 itu sepenuhnya yang memberikan masukan kata2nya, dan pak Beau Lotto dan team guru yang menyusunnya dalam Journal Ilmiah. Karena itu di journal itu ada kata “Once upon time…”. Ini asli kata-kata yang keluar dari anak-anak itu.

Saya kutip sedikit “kata-kata” anak2 SD itu

Principal finding: ‘We discovered that bumblebees can use a combination of colour and spatial relationships in deciding which colour of flower to forage from. We also discovered that science is cool and fun because you get to do stuff that no one has ever done before. (Children from Blackawton)’.

Inilah satu2nya journal ilmiah karya anak2 SD yang dipublikasikan oleh lembaga sains orang dewasa yang bergengsi. Intinya bukan obsesi melahirkan scientist yang hebat dan unggul, namun membangun konsep dan proses yang keren dan menyenangkan (cool & fun) terhadap penemuan science dengan cara pandang yang berbeda.

Indonesia seharusnya bisa lebih hebat. Keanekaragaman hayati bumi nusantara memberikan tema dan proses penelitian yang berlimpah dan menyenangkan. Semoga saja kita segera menjadi bangsa yang pandai bersyukur.

Salam Pendidikan Masa Depan

———————————–

Jika tertarik untuk meniru silahkan di download gratis di

http://www.yuddy2046.net/…/Biol.%20Lett.-2010-Blackawton-rs…

Silahkan juga disimak proses discovery science di
http://youtu.be/vqbG05SHpoI dan http://youtu.be/71ovw6d9kWc

Untuk mengenal lebih jauh idea dari pak Beau Lotto, dapat disimak

http://youtu.be/5gniIbN-DVk
http://youtu.be/kx9_QaU1-ng
http://youtu.be/v6BICc8qnbY

 

Advertisement