Pesantren vs Boarding School

Harry Santosa

Islam tidak mengenal konsep pendidikan bergaya shaolin temple atau model pendidikan para pendeta atau para rahib, yang menjauh dari kehidupan, mendalami kitab dan silat semata. Atau model Hogwards boarding school sihirnya Harry Potter yang ada di alam bangsa “Jin”, melahirkan spesialis sihir yang tak menyentuh apalagi menegakkan peradaban.

Gaya kuil seperti di atas umumnya adalah style “boarding school” di seluruh dunia, menjauh dan terpisah dari realitas sosial. Sangat eksklusif bahkan menjadi anomali bagi warga. Pendekatannya, anak diisi sebanyak banyaknya sebelum akhirnya turun gunung.

Alumninya kebanyakan menjadi orang yang “mati” di masyarakat, meminjam istilah Buya Hamka. Setidaknya menjadi elitis dan tidak peka pada problematika ummat.

Pesantren Islam sesungguhnya bukan demikian. Jika kita telusuri jejak pesantren di Jawa, Surau di Minangkabau dan Meunasah di Aceh dll, mereka sejak hari pertama didirikan sudah berinteraksi dengan keunggulan alam lokalitas setempat dan realita sosial masyarakat. Kyai, santri dan warga bahu membahu mendidik dan memberdayakan sekitarnya dengan turun ke sawah, membuat irigasi, pengobatan sampai kepada riset riset benih dan keamanan desa. Pesantren di pesisir bahkan menjadi galangan pembuatan kapal laut dan kajian ilmu navigasi perbintangan.

Begitupula Wali Songo yang dikirim ke Jawa, mereka datang dan bermukim di tengah masyarakat untuk berdakwah mendirikan pendidikan dan pemberdayaan warga sekitar. Pendidikan sesungguhnya tak pernah bisa dilepaskan dari pemberdayaan masyarakat sekitar.

Jadi keshalihan atau Spiritualitas dalam Islam bukan diperoleh di tempat tempat sunyi yang memisahkan diri dari masyarakat, namun justru berjibaku di tengah pengentasan masalah ummat dan pengembangan pemberdayaan potensi ummat.

Apakah kita mengira akan masuk syurga sebelum diuji keimanan kita dengan perjuangan memberi karya solutif pada kehidupan nyata?

Salam Pendidikan Peradaban
#pendidikanberbasisfitrah
#fitrahbasededucation dan akhlak

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s