Furqan

Adriano Rusfi
June 17, 2017

Aku tak mengerti… Bahkan terkadang aku ketakutan sendiri, segalanya belakangan ini seakan selalu mengkutub, terpolarisasi. Seakan segala pikiran, sikap, ucap dan tindakan harus terbagi pada dua pilihan : kiri atau kanan. Bahkan sesuatu yang netral sekalipun akhirnya harus memilih : di pihak mana anda berada ? Sebagai seorang yang sangat cenderung untuk memilih jalan moderat, polarisasi ini bagiku sungguh dan sungguh tak nyaman.

Tapi apa hendak dikata, segalanya hari ini telah bermuatan ideologi. Sekadar sebuah pisau sekalipun saat ini harus mengambil posisi. Maka saat ia dipegang oleh golongan kanan, ia akan digunakan untuk menyerang kaum kiri. Dan jika ia direngkuh oleh golongan kiri, ia akan dipakai dengan brutal untuk menghajar kaum kanan. Alhasil kini aku banyak kehilangan teman lama, lalu Allah gantikan dengan sahabat-sahabat baru, hanya karena berbeda sikap dan sudut pandang. Hari ini tak ada lagi pilihan ketiga, tak ada lagi kelompok tengah.

Tapi aku sadar, ini harusnya bukan barang baru dan bukan peristiwa anomali. Dunia telah mengkutub sejak hari pertama ia ada. Hidup adalah medan pertarungan abadi sejak Iblis menjadi durhaka. Hanya ada Ashabul Yamin atau Ashabusy Syimal : kiri atau kanan, haq atau bathil, benar atau salah, baik atau buruk, hitam atau putih. Al-Qur’an telah bicara tentang hal itu di seluruh ayat-ayatnya, anak-anak telah bermain dengan peran itu sejak belia, sedangkan fakta hidup tak pernah berhenti dari perseteruan.

Namun keduanya kini tampaknya Allah posisikan untuk saling berhadap-hadapan. Entahlah, mungkin beberapa hari ke depan Allah sedang persiapkan yaumul furqan : hari pembeda, hari bertemunya dua kubu. Sungguh, hawanya begitu kuat terasa. Mungkin bukan kapasitasku sebagai hamba untuk bertanya : kenapa ? Tapi aku sangat cemas andai posisiku justru Allah tempatkan di sebelah kiri. Astaghfirullah… dengan airmata aku berlindung padaMu yang Allah… Sungguh, aku meminta petunjuk melalui kitabMu…

“Bulan Ramadhan yang diturunkan padanya Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia, penjelas dari petunjuk, dan FURQAN…” (QS Al-Baqarah : 185)
Rabbii…pada bulan mulia ini hamba berdoa : jadikanlah hamba orang yang memperlakukan AlQur’an sebagai DALIL KEBENARAN, bukan sebagai DALIH PEMBENARAN… Jadikanlah hamba orang yang berpegang pada ayat-ayat MUHKAMAT, dan tidak mentakwilkan ayat-ayat MUTASYABIHAT dengan hawa nafsuku… jadikanlah hamba mengikuti fatwa majelis para ulama AHLUL QUR’AN, bukan pengikut hawa nafsu para “ulama” AHLI SYAITHAN yang tunduk pada pesanan demi pesanan…

Rabbii… maka jadikanlah hamba sebagai pengikut Umar AlFaruq ra, sosok furqan yang tegas mengatakan yang haq itu haq dan yang bathil itu bathil… Jadikanlah hamba meneladani Ibnu Khaththab ra yang tak pernah ragu dan abu-abu dalam bersikap, bahkan saat beliau masih jahiliyah sekalipun… Jadikanlah hamba belajar banyak dari Abu Hafsah ra yang tak pernah memelesetkan ajaran UMMATAN WASATHAN dan RAHMATAN LIL ‘AALAMIIN sebagai alasan mengada-ada untuk berkompromi dan bersikap kebanci-bancian. Karena kedua gelar itu adalah pemberian Allah, bukan manusia.

Rabbii… tunjukilah hamba jalan yang lurus : jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat atas mereka, BUKAN jalan orang-orang yang Engkau murkai, dan BUKAN jalan orang-orang yang sesat… Pergaulkanlah hamba dengan orang-orang yang Engkau beri nikmat itu… Samakanlah frekuensi antara ruh hamba dengan ruh mereka, agar Engkau bariskan hamba ke dalam barisan mereka… Jadikanlah hamba mencintai orang-orang yang mencintaiMu, agar hamba bersama mereka pada Hari Kiamat… Dan jadikanlah hamba golongan kanan, golongan orang yang bertaqwa… Aaamiin yaa Rabbii…

“Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian bertaqwa kepada Allah, niscaya akan Dia berikan kepada kalian FURQAN…” (QS Al-Anfaat : 29)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s