Optimisme Masa Depan

Tanadi Santoso.
15 Juni 2017

Persaingan manusia dengan mesin semakin mendekati kenyataan. Di bandara Jakarta kalau anda menukarkan tiket Garuda, sekarang sudah dilayani dengan “mesin”. Banyak hotel di luarnegeri mengganti reseptionistnya dengan mesin2 kecil yang bisa memuntahkan kunci kamar, ketika anda masukkan booking code anda.

Oxford University bahkan mengatakan 47 persen dari pekerjaan di USA akan di-otomasikan, pada 2025. Pabrik2 ditutup-pun digantikan dengan pabrik2 baru yang semuanya memakai robot dan hanya sedikit manusia. Teknologi telah begitu “meraja lela” didunia ini sekarang.

Research di Artificial Intelligent sudah begitu majunya. Bahkan perusahaan konsultan keuangan “Betterment” memakai komputer untuk membantu menganalisa keuangan, melawan industri leader seperti Goldman Sach, Morgan Stanley, dan kini berkembang sangat pesatnya.

Hotel terbesar dunia, “AirBnB” tidak punya hotel satupun. Perusahaan transportasi terbesar dunia, “Uber” tidak punya satu taxi pun. Dunia dikuasai oleh data dan teknologi. Saya di Jakarta lebih tahu jalan mana yang macet daripada supir taxi Bluebird Silver karena google maps saya bisa melihat mana yang merah mana yang hijau di petanya.

Saya sangat optimis dunia kedepan akan berubah luar biasa, ini revolusi baru, di jaman kita. Tahun 1800 an, adanya batu bara membuat kereta api, steam boat menjadi bisnis hebat. Tahun 1900 an dunia digerakkan oleh industialisasi, mobil, pabrik, menggerakkan perekonomian dunia. Tahun 2000 an revolusi baru terjadi, bahan bakunya adalah “data”, penggeraknya komputer dan mesin.

FANG: Facebook (koneksi sosial), Amazon (perdagangan), Netflix (entertainment, ini memakan 30 persen jalur data di Amerika!), Google (search engine) adalah kesuksesan besar dunia internet. Tetapi di masa depan akan ada revolusi model bisnis yang baru. Yang berbeda dengan model ini, perusahaan2 besar akan mulai memakai data.

Tahun 1980 sd 2000 adalah tahun Inovasi bermula, teknologi menggeliat menciptakan nilai2 baru. Tahun 2000-2015 berhenti sejenak mencari model yang tepat, perubahan teknologi, perubahan mindset, dan model bisnis masih dimatangkan. Nah pada 2015-2040 adalah tahun dahsyat, tahun perubahan yang gila2an dalam bisnis kita. Revolusi “data” revolusi bisnis baru.

Kita memasuki era kenyataan digital: Manusia, perusahaan, perubahan kekayaan masyarakat, model bisnis, akan naik dengan sangat hebat, karena kita telah mampu menggunakan teknologi sebagai sebuah penggerak ekonomi baru. Dan kita semua akan menjadi saksi “dunia baru kita”.

Peng-kajian lebih dalam, menunjukkan sebenarnya pekerjaan yang hilang (job automation) hanya 12 persen, yang banyak adalah pemanfaatan teknologi yang bersamaan dengan manusia, job enhancement, dimana 75 % manusia akan lebih memanfaatkan teknologi dalam kerjanya. Bahkan akan ada 13% kerja baru yang dulu tidak ada akan diciptakan.

Inilah dunia baru, Automasi pekerjaan rutin, penggunaan semua instrumen baru dalam hidup (seperti jam yang bisa mengetahui berapa banyak kita bergerak), kemudahan teknologi (seorang sopir dari Surabaya bisa menyetir di Jakarta karena ada GPS), mesin2 makin pintar (akan ada mobil tanpa sopir), dan dalam dunia ini semuanya akan berubah sama sekali.

Dari Pesawat penerbangan murah, Drones, Gojek, Grab, sampai Traveloka, google-map, sampai Uber, AirBnB, Trip Advisor, Realreal (jual aparel bekas), dan seribu macam dunia baru, semuanya adalah perubahan drastis yang akan merubah cara hidup kita.
Saya optimistik dunia ini akan jauh berbeda 15 tahun lagi dibanding sekarang.
Dan yang terhebat dan menggairahkan adalah: Kita semua akan menjadi saksi akan perubahan besar ini. Kita berada di tengah2 perubahan hebat ini. Selamat menikmati revolusi “data”, revolusi dunia baru.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s