Harry Santosa – Millenial Learning Center
January 24, 2017

Sebuah peradaban seperti seorang anak, sepanjang peradaban itu berjalan di atas fitrahnya maka peradaban itu akan tumbuh menjadi besar dan memberi manfaat bagi peradaban lainnya. Abadilah ia dalam sejarah dan tegaklah peradaban itu selama ribuan tahun dengan ribuan generasi. Begitulah, tiada perubahan atas fitrah Allah.

Sebuah peradaban seperti seorang anak, ketika peradaban itu menyalahi atau menyimpang atau merubah fitrahnya yang merupakan misi hidupnya itu maka peradaban itu meluncur turun berada diambang ajalnya. Melayang layang tanpa makna, diderau galau, pelit dan pengecut, menjadi tempat sarang penyakit, suburnya kerusakan moral kemudian dijajah dan dibully secara politik dan ekonomi.

Sebuah peradaban seperti seorang anak, ketika beberapa peradaban kemudian “taubat” kembali kepada fitrahnya lalu dipandu nilai nilai yang diyakininya maka perlahan merangkak naik kembali lalu menjadi jaya bahkan memimpin dunia.

Sebuah peradaban seperti seorang anak, ketika beberapa peradaban gagal untuk kembali kepada fitrahnya, keingkarannya pada fitrahnya terlalu besar lalu mereka dibinasakan dan dipunahkan Allah SWT.

Begitulah Fitrah adalah bekal yang Allah instal baik kepada personal maupun secara kolektif kepada komunal agar ditumbuhkan dengan sebaik baiknya melalui tarbiyah juga ta’dib sehingga kelak mencapai peran peran terbaik peradabannya baik peran personal maupun peran komunal.

Semoga kita para orangtua segera menyadari fitrah diri dan fitrah anak anak kita lalu mensyukurinya dengan sepenuhnya sehingga Allah berikan hikmah yang hebat untuk mampu mendidiknya dengan benar sehingga kelak anak kita mencapai peran terbaik peradabannya dengan semulia mulia adab.

Mereka yang memahami pendidikan anaklah yang mampu memahami hakikat pendidikan peradaban dan peran peradaban dengan utuh sebagaimana Rasulullah SAW memulai peradaban Islam dengan pendidikan peradaban.

Semoga bangsa Indonesia segera menyadari fitrahnya lalu mensyukurinya dengan sepenuhnya sehingga Allah berikan hikmah hikmah yang hebat untuk menumbuhkannya melalui pendidikan yang benar sehingga kelak bangsa ini menjadi peradaban dengan peran terbaik bagi dunia.

Jika tidak sadar dan tidak bersyukur atas fitrahnya maka tidak ada yang menjamin bangsa ini masih ada di masa depan sebagaimana Allah punahkan bangsa bangsa durhaka pada masa lalu.

Salam Pendidikan Peradaban

#pendidikanberbasisfitrah dan akhlak
#fitrahbasededucation