Merdeka Belajar (2): Memilih Cara Alternatif

Kampus Guru Cikal
November 23, 2016
Oleh Najelaa Shihab,
Inisiator Komunitas Guru Belajar, Dosen Kampus Guru Cikal

Menyepakati tujuan dan cita-cita tidak mudah, namun saya selalu mengatakan, di dunia pendidikan, yang jauh lebih sulit adalah menyepakati cara. Kalau kita memilih pendekatan Guru Belajar, maka kita memilih cara alternatif, cara yang terasa lebih sulit, namun saya yakini menjadi titik perubahan reformasi pendidikan saat berbicara tentang pengembangan guru.

Guru merdeka belajar adalah kunci dari perubahan pendidikan. Yang saya katakan bukan guru adalah kunci. Ada perbedaan besar antara “sekedar” menyebut guru dengan menyebut guru yang merdeka belajar. Pernyataan pertama sering kita dengar, ratusan penelitian menunjukkan betapa kompetensi guru menjadi salah satu faktor penting (angkanya beragam 7-20%) yang menentukan capaian siswa. Namun pernyataan guru penting dalam penjelasan ini membatasi peran guru seolah hanya sebagai faktor dalam produksi, mencetak murid dengan karakteristik tertentu membutuhkan guru dengan karakteritik tertentu yang juga perlu dicetak, diajar, dan seterusnya. Saat saya mengatakan bahwa “guru merdeka belajar adalah kunci”, maka saya berbicara jauh lebih besar dari sekedar individu guru sebagai “input”, tapi peran guru yang berdaya dalam konteks dan struktur pendidikan kita di Indonesia.

Sekali lagi, bila tujuannya adalah demokrasi, murid yang mampu mewujudkan cita-cita kemerdekaan, pendidik yang merdeka belajar adalah kuncinya.

Saya baru 20 tahun jadi pendidik ibu dan bapak, baru 20 tahun belajar bersama guru-guru. Di setiap sesi pengembangan guru, pertanyaan “standar” saya, adalah apakah ibu dan bapak merasa merdeka. Kemerdekaan bukan diberikan, tapi harus direbut karena percaya kuatnya kemampuan diri sendiri

Sumber: http://bit.ly/MerdekaBelajar2

Leave a Reply

