Jusman Syafii Djamal

Catatan perjalanan kesebelas ini saya buat sehabis makan pagi dari atas bis. Awal tahun baru di Jepang selalu dimulai dengan aktivitas mengetuk kantung keberuntungan.

Itu sebabnya malam tahun baru tidak diisi dengan pesta. Melainkan bersama keluarga menginap di kuil tua ikuti ritual refleksi dan restropeksi serta doa bersama.

Di Ise Shrine kuil tertua. Shito berusia 2000 fahun. Mereka berkumpul bersama mengitari api unggun berdoa untuk mengetuk kantung keberuntungan agar lahan pertanian jadi subur, panen padi bagus dan industri rumah tangga lebih maju dari tahun sebelum nya.

Pagi hari tanggal 1 januari terbitnya matahari disambut dengan acara minum sakè terbaik dari beras terbaik sepanjang tahun yang tumbuh di wilayah sekitarnya.

Acara minum sake bersama keluarga dan Handai tolan tidak membuat mereka mabuk. Melainkan hanya untuk membangkitkan suhu Badan yg membeku diatas puncak bukit yang melingkupi kuil tertua ini.

Di Tokyo tanggal 1 Januari kantung keberuntungan diketuk dengan mengunjungi 3 lokasi.

Pertama istana kaisar. Disini pada jam tertentu di pagi hari Kaisar Hirohito yang dianggap kedudukan nya sebagai manusia setengah dewa akan menampak kan diri dan menyapa warga yg mengunjungi istana.

Bagi mereka yg berhasil bertemu Kaisar akan dapat hadiah bendera Jepang. Jika kita bertemu orang naik sepeda yg berbendera jepang, itu petanda di awal tahun ini ia berhasil bertemu dan melihat kaisar dengan Mata kepala sendiri.

Lokasi kedua yg dikunjungi adalah kuil Asakusa, kuil tertua di Tokyo. Yang ketiga adalah kuil Meiji , kuil yang dibangun ketika Restorasi Meiji berlangsung.

Dengan berkunjung keketiga lokasi ini seolah orang Jepang ingin mengatakan tahun baru harus disambut dengan optimisme.

Spirit untuk mendapatkan yg terbaik dengan modal semangat ikut membangun untuk kemajuan bangsa nya yang ditandai oleh bendera di sepedanya, tak lupa pada tradisi dan kultur budaya yang telah berusia ratusan tahun dengan berkunjung dan berdoa dikuil asakusa serta selau berorientasi untuk lakukan proses transformasi dan restorasi, dengan datang ke kuil Meiji.

Tanggal 3 warga Jepang terutama di Tokyo akan mengalir menyerbu toko dan mall. Sebab ditiap toko dan mall ada sales cuci gudang dan diskon besar besaran. Bahkan hingga 75% potongan harga. Bahkan ada yg menjual Mobil hanya dengan harga 15000 yen. Ada kantung tertutup disetiap toko yg berisi 5-10 items atau lebih dengan harga satu barang.

Ini yang disebut acara belanja merebut kesempatan menemukan kantung keberuntungan. Yg paling ramai lokasinya di Gotemba 1 jam dari Tokyo.

Simbol upaya mengejar kantung keberuntungan ini yg mungkin membuat Jepang tak mudah menyerah dengan gelombang krisis ekonomi dan energi serta tsunami yang menggerus batu karang harapan mereka.

Awal tahun dibangun dengan spirit optimisme, bekerja keras untuk terus menerus mengetuk kemungkinan agar kantung keberuntungan terbuka. Spirit untuk menciptakan produk terbaik dari potensi yg dimiliki.

Apa benar begitu ? Saya tak tau pasti. Mohon maaf jika keliru. Salam

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s