Orientasi Pendidikan

Harry Santosa December 21, 2016 Di Era Posmo, pendidikan mulai bergeser dari sekedar kompetisi pabrik yang memproduksi human thinking (well knowledge) dan human doing (well skill), menuju kepada kolaborasi melahirkan “human being” atau manusia seutuhnya. Namun di barat, “human being” masih diterjemahkan dengan otak atik otak (“brain based”) dan otak atik bakat (“strengths based”) bukan…

Pendidikan Islam & Umat

Harry Santosa December 16, 2016 #konferensipendidikanislamindonesia Ummat harus mengembalikan kemuliaan peradabannya kembali sebagaimana Rasulullah SAW memulai menegakkan peradaban Islam pertama kali yaitu dengan pendidikan. Tiada jalan lain selain pendidikan. Namun bukan pendidikan dalam makna memberhalakan nilai akademis dan ijasah. Karenanya Ummat ini harus memulai merancang ulang sistem pendidikannya sendiri. Menegakkan peradaban terbaik dalam peradaban manapun…

Fitrah Jasmani

Harry Santosa – Millenial Learning Center December 15, 2016 #fitrahjasmani #karakter #adab #aqilbaligh Di dalam pendidikan olahraga sepakbola standar FIFA, dengan riset mahal dan serius, ternyata penggemblengan pemain professional dimulai sejak usia 10 tahun. Sebelum usia 10 tahun, pendidikan sepakbola melarang seorang anak berlatih teknik sepakbola yang rumit, “just playing soccer for fun”. Namun sejak…

Startup Genie

Muhaimin Iqbal 28 November 2016 Ketika sedang menggosok ‘lampu wasiat’ bernama biz plan seorang entrepreneur pemula tanpa disadarinya memunculkan jin besar. Jin ini memberikan tiga penawaran yang hanya boleh dipilih dua di antaranya oleh sang entrepreneur. Tiga penawaran tersebut adalah right (benar), fast (cepat) dan cheap (murah). Pilihan sang entrepreneur sangat menentukan akan seperti apa…

Ego Sentris

Harry Santosa – Millenial Learning Center December 14, 2016 Ego Sentris Seorang Ayah bertanya Aslmkm. kalo anak umur 4,5 tahun egonya gede trus kalo dinasehatin marah marah itu masih wajar apa nggak pak? Apa cara nasehatinnya yg salah ya pak ? Kalo yg saya pahami kan umur 4 sampe 6 egonya memang lagi gede gedenya..tapi…

Mari Kita Bertanya Tentang Cara Kita Mendidik

Kampus Guru Cikal Wednesday, June 8, 2016 Banyak yang belum menyadari dampak dari perkembangan teknologi informasi. Media sosial telah merevolusi relasi dan pola komunikasi kita. Jaman dahulu, kata-kata presiden dan menteri adalah titah raja yang tak terbantahkan. Jaman sekarang, kata-kata presiden dan menteri adalah bahan perdebatan. Bila tidak cocok, langsung dibantah, bila perlu disertai bukti-bukti…

Merdeka Belajar: Kurikulum di Atas Kertas, Kurikulum di Dalam Kelas (Bagian 2 dari 2 tulisan)

Najelaa Shihab (Pendiri Sekolah dan Kampus Guru Cikal) Kebanyakan dari kita memahami kurikulum dengan sangat terbatas, sesuatu yang ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Pemahaman ini menumbuhkan pandangan “ganti menteri ganti kurikulum”. Yang lebih mengkhawatirkan, hal ini menimbulkan miskonsepsi berikutnya, bahwa kurikulum bukan milik bersama komunitas sekolah, tidak ada hubungannya dengan guru dan anak yang…

Cultural Computing : Travel Note ke Kyoto University (Traveling Note 5)

Jusman Syafii Djamal Dec 28, 2016 Cultural Computing : Travel Note ke Kyoto University Teman FB sy Bung Bagus Endar dan Djedi Widarto Yg pernah lakukan Doctoral Research di Kyoto University bercerita tentang kenangan “ngelmu” di kampus ini. Kata mereka disini Culture and Technology dipadu padankan secara selaras untuk penguasaan iptek bagi kesejahteraan bersama. Kampus…

Tertib itu Budaya?

Hasanudin Abdurakhman 24 Oktober, 2016 Saya pernah tinggal di Jepang selama 10 tahun, sehingga boleh dibilang saya hafal betul dengan kebiasaan-kebiasaan mereka. Tapi ketika kembali berada di tengah mereka, mau tak mau saya harus kembali terkesan dengan ketertiban mereka. Saat berjalan di kota, ketika hendak menyeberang jalan saya berdiri di ujung zebra cross. Dengan pola…

Sehat yang Santun, Masihkah Relevan?

DR.dr.Tan Shot Yen,M.Hum Kompas, 5 Des 2016 Saya menulis ini tepat di hari peringatan AIDS sedunia beberapa hari lalu, kembali merenung selepas menunaikan program televisi yang juga membahas soal penyakit mematikan tersebut. Stigma yang selama ini tertanam bahwa biang keladinya adalah perilaku seksual menyimpang (baca: dengan sesama jenis atau pekerja seks komersial adalah sumbernya) ternyata…

Home Schooling & Pendidikan Formal

Harry Santosa – Millenial Learning Center December 13, 2016 Para penggiat HS resah, karena konon pemerintah akan mewajibkan para orangtua HS harus berijasah S1 agar bisa menyelenggarakan HS di keluarganya. HS juga tidak diperkenankan berkomunitas karena HS artinya rumah bukan jama’ah. Konon orangtua HS yang tidak terdaftar dapat dikenakan pidana karena dianggap tidak memenuhi “wajib…