Pendidikan Islam & Umat

Harry Santosa
December 16, 2016

#konferensipendidikanislamindonesia

Ummat harus mengembalikan kemuliaan peradabannya kembali sebagaimana Rasulullah SAW memulai menegakkan peradaban Islam pertama kali yaitu dengan pendidikan. Tiada jalan lain selain pendidikan. Namun bukan pendidikan dalam makna memberhalakan nilai akademis dan ijasah.

Karenanya Ummat ini harus memulai merancang ulang sistem pendidikannya sendiri. Menegakkan peradaban terbaik dalam peradaban manapun selalu dimulai dari sistem pendidikan yang tepat sesuai potensi Ummat dan benar sesuai nilai nilai yang diyakininya dalam hal ini adalah Kitabullah.

Sistem Pendidikan Ummat tidak cukup direformasi tetapi juga harus direvolusi. Tidak cukup sekedar ilmu parenting dan schooling, tetapi harus komprehensif dan mengakar sehingga menjadi landasan kokoh untuk meng-arsiteki peradaban bukan mengobati kebiadaban.

Selama masih mengekor sistem pendidikan modern dengan segala filosofi sesat yang menolak fitrah dan nila-nilai Kitabullah di belakangnya maka Ummat ini tak pernah akan mencapai kemuliaan peradabannya kembali.

Namun tidak bisa juga menafsirkan sendiri sendiri bagaimana sistem pendidikan terbaik yang tepat sesuai potensi Ummat dan zaman, sekaligus benar sesuai nilai nilai Kitabullah. Sepanjang ada penafsiran manusia walau bersumber dari Kitabullah dan sejarah Islam maka akan selalu ada bias dan kesalahan.

Tiap pakar datang dengan membawa latar belakang ilmunya yang sempit kemudian membawa fikirannya sendiri lalu menafsirkan atas pengalamannya sendiri, maka sulit menemukan kejernihan dari sumbernya. Apalagi bias dari sistem pendidikan modern yang dialami selama hampir 200 tahun di negeri negeri Muslim.

Jujurlah kebanyakan lembaga pendidikan Islam hanya meletakkan agama Islam sebagai konten belaka di atas platform sistem pendidikan modern yang bukan dibangun dari Islam secara kokoh. Jujurlah kita masih mengekor sistem di luar Islam dalam semua aspeknya. Jujurlah sistem pendidikan seperti itu tidak pernah melahirkan peran peran dan kepemimpinan peradaban terbaik dengan adab mulia. Jujurlah generasi anak anak kita hanya diproduksi menjadi budak budak peradaban, menjajakan ijasah mengais pekerjaan dan uang bukan peran peradaban dan manusia beradab.

Untuk itu para Ulama dan pakar serta praktisi harus segera duduk bersama merancang sistem pendidikan yang mampu menghantarkan anak anak kita generasi peradaban menuju peran peran peradaban terbaik di dunia dengan semulia mulia adab atau akhlak sehingga Ummat ini pantas disebut Hamba Allah dan Khalifah Allah di muka bumi baik personal maupun komunal.

Selama Ummat masih bercerai berai dalam sistem pendidikan, selama masih merasa paling benar dengan penafsirannya sendiri sendiri atas sistem pendidikan maka selama itu pula ummat ini akan berjalan di tempat bahkan selalu bertindak reaktif seperti pemadam kebakaran peradaban bukan arsitek peradaban.

Mari kita gagas Konferensi Pendidikan Islam Indonesia untuk merevolusi sistem pendidikan. Jika kita bisa mufakat sebuah sistem pendidikan Islam kemudian konsisten menjalankannya secara berjamaah maka yakinlah dalam satu dekade ke depan akan lahir generasi peradaban terbaik dengan peran peran peradaban terbaik dan adab termulia.

Salam Pendidikan Peradaban

#fitrahbasededucation
#pendidikanberbasisfitrah dan akhlak

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s