Harry Santosa
December 21, 2016

Di Era Posmo, pendidikan mulai bergeser dari sekedar kompetisi pabrik yang memproduksi human thinking (well knowledge) dan human doing (well skill), menuju kepada kolaborasi melahirkan “human being” atau manusia seutuhnya. Namun di barat, “human being” masih diterjemahkan dengan otak atik otak (“brain based”) dan otak atik bakat (“strengths based”) bukan kembali kepada human nature based atau “fitrah based”

Sejak munculnya sekularisme di Barat, di abad 17 menjelang munculnya industrialisasi, idea memisahkan manusia dari Tuhan masuk ke semua sektor, termasuk pendidikan dan psikologi. Muncul dalam bentuk sistem pendidikan yang memberhalakan otak dan perubahan perilaku ala behaviorisme tanpa mempedulikan jiwa manusia. Abad ke 19, sistem pendidikan yang kita kenal bernama sistem persekolahan modern disuntikkan ke negeri negeri jajahan termasuk negeri Muslim.

Ummat bertahan sekuat tenaga dengan sistem pendidikannya sendiri, namun perlahan terlibas juga. Lembaga Pendidikan yang dibangun Ummat kemudian mengekor kepada sistem yang ada, cuma berbeda dalam muatan agama. Platformnya tetap sama saja, menggunakan platform modern school. Maka orientasi dan outputnya tidak jauh berbeda, memberhalakan kecerdasan. Tentu saja, Generasi AqilBaligh, yang mampu memikul beban syariah dan memiliki peran peradaban di usia 15-16 tahun tidak hadir kembali

Sepanjang begitu maka mustahil peradaban Ummat ini akan tegak kembali. Maka kembalilah kepada dua tema besar pendidikan yang bersumber dari Kitabullah, yaitu Fitrah dan Adab, untuk kembali menghadirkan generasi peradaban yang memiliki peran peradaban terbaik dengan adab mulia.

Salam Pendidikan Peradaban
#fitrahbasededucatio
#pendidikanberbasisfitrah dan adab/akhlak

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s