Harry Santosa
December 11, 2016 ·

“Bagaimana menginstal kebaikan dalam diri anak?”

Sering mendengar pertanyaan di atas atau mungkin kita sendiri sering menanyakannya? Pertanyaan ini sebenarnya “sulit” dijawab karena pertama pertanyaannya tidak lengkap karena tidak menyebutkan usia anak, yang kedua secara substansi, yang menanyakan hal ini kemungkinan besar tidak memahami makna fitrah, dan yang ketiga adalah yang menanyakan ini tidak memahami perbedaan makna fitrah dan makna adab.

Mengapa menyebutkan usia anak menjadi penting, mengapa memahami fittah anak dan adab itu penting, karena ada perbedaan mendasar antara menumbuhkan apa apa yang sudah Allah instal dalam fitrah dengan menanamkan (menginstal dari luar) nilai nilai dari Kitabullah. Masing masing memiliki proporsi untuk tiap tahapan pendidikan anak menurut usia. Fitrah itu ditumbuhkan inside out) sementara Adab itu ditanamkan (outside in).

Fitrah Keimanan. Secara fitrah, sejak lahir anak sudah membawa kebaikan (innate goodness atau nature goodness) diantaranya adalah fitrah keimanan yaitu beriman kepada Rubbuyah Allah (QS 7:172), dan ini perlu penumbuhan pada usia 0-6 tahun sehingga menjadi kokoh.

Metode terbaiknya tentu dengan keteladanan di rumah dan suasana keshalihan yang membangun gairah cinta dan imaji imaji positif anak tentang alHaq atau kebaikan, agar kelak ketika usia 7 tahun anak siap menerima instalasi kebaikan dari luar berupa perintah untuk beradab kepada Allah, dalam hal ini adalah sholat, serta adab adab lainnya.

Renungkanlah apakah mereka akan menerima sholat dan adab lainnya dengan suka cita jika fitrah keimanannya tidak tumbuh subur ketika di bawah 7 tahun? Inilah hikmah mengapa Allah menyuruh orangtua memerintahkan anaknya sholat ketika uisa 7 tahun bukan sejak dini agar ada waktu untuk mengokohkan dulu apa apa yang telah diinstal (fitrah). Inilah yang disebut cinta atau iman sebelum amal. Beberapa ulama salaf menyebut fitrah sebagai dorongan atau kesiapan untuk menerima Islam.

Renungkanlah, jika banyak remaja yang ketika kecil begitu nampak rajin sholat dan membaca alQuran, lalu ketika remaja kemudian mencampakkannya, bisa jadi ketika kecil lebih banyak disuruh beramal sebelum fitrah imannya atau gairah cintanya kepada Allah, kepada Rasulullah SAW, kepada Islam tumbuh melalui keberkesanan yang mendalam.

Secara fitrah tiap anak itu dilahirkan unik dan berbeda bahkan dalam kesukaan unik pada kebaikan tertentu. Ada anak yang sukanya berbagi, sukanya peduli, sukanya membela, sukanya menolong, sukanya kebersihan, sukanya berani dstnya. Kesukaan unik dalam beramal ini kelak akan menjadi peran kebaikan spesifik sehingga perlu ditumbuhkan agar tidak sia sia. Di zaman Nabi SAW ada seorang sahabat yang diramal Nabi SAW sebagai ahli syurga, namun begitu diselidiki ternyata amal amalnya biasa saja, kecuali sahabat itu “hanya” tak pernah berburuk sangka.

Tentu saja agar sifar keunikan itu kelak menjadi peran kebaikan yang bermanfaat banyak maka memerlukan instalasi nilai nilai Kitabullah yang relevan dengan sifat keunikannya itu disamping untuk mengakui amal baik lainnya yang bukan sifat uniknya.

Setiap anak secara fitrah dilahirkan sebagai lelaki atau perempuan, tidak ada jenis kelamin lainnya. Kelelakian dan keperempuanan sudah diinstal oleh Allah. Begitupula keinginan untuk berpasangan. Tidak perlu instalasi lagi. Namun agar kelelakian atau keperempuanan menjadi sejati tidak menyimpang, kemudian menjadi peran keayahan atau peran keibuan yang sejati, tentu memerlukan penanaman nilai nilai Kitabullah.

Karenanya, perlu dipahami bahwa ada kebaikan yang “installed” sebelum lahir sebagai karakter bawaan yang sifatnya “nature” dan ada kebaikan yang diinstal (nurture) setelah lahir sebagai karakter bentukan sesuai nilai nilai yang diyakini dan diberikan pada tahap tahap usia tertentu. Masing masing penting dan saling menguatkan serta memerlukan pendekatan berbeda sesuai tahapan usia.

Bagaimana pendapat AyahBunda? Silahkan memberi jawaban ya?

Tiga Pendapat atau jawaban terbaik berhadiah eBook Fitrah based Education ver 2.0 ya. Jazakumullah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s