Harry Santosa – Millenial Learning Center
November 28, 2016

Alangkah indahnya jika postingan di FB adalah hal manfaat yang menjadi peran spesifik peradaban yang kita jalani dengan antusias dan bahagia. Dunia pasti lebih indah dengan beragam posting yang menginspirasi banyak orang dan memberikan kualitas kehidupan yang lebih hijau dan lebih damai, lebih harmoni dan lebih fitri, lebih bermakna dan lebih manusiawi.

Misalnya, jika peran peradaban anda adalah pendidik, maka postinglah hasil hasil riset pendidikan anda, best practice dalam keseharian mendidik dsbnya sehingga akan banyak orang tercerahkan dalam mendidik anak anaknya.

Jika peran peradaban anda adalah wirausahawan, maka postinglah bagaimana menjadi wirausahawan yang sejati, merancang business plan, membangun jaringan, menjual produk halal buatan sendiri dsbnya. Maka pasti banyak orang yang terinspirasi dan terpacu hidup mandiri.

Jika peran peradaban anda adalah pegawai negara yang digaji oleh uang rakyat, maka postinglah hasil kinerja anda, tunjukkan pada publik bagaimana pelayanan terbaik dengan kinerja terbaik dsbnya sehingga masyarakat bisa lebih menikmati layanan publik dsbnya

Jika peran peradaban anda adalah petani atau peternak, maka postinglah cara bertani dan beternak yang Islami, ramah alam, ramah manusia, ramah kehidupan dstnya sehingga menginspirasi manusia untuk hidup lebih alami dsbnya.

Fokuslah pada Circle of Control, atau lingkar kendali dimana kita sibuk pada hal hal yang Allah karuniakan kita untuk mampu mengendalikannya. Sebaiknya, kita jangan disibukkan oleh Circle of Awareness atau lingkar peduli dimana kita sibuk pada hal hal yang kita peduli namun tidak punya kemampuan mengendalikannya sehingga banyak frustasi dan stress.

Sibuklah dengan cahaya kita masing masing sehingga cahayanya berpendar pendar menerangi dunia (sirojum muniro) dan kemudian saksikanlah ketika cahaya itu semakin terang dan banyak maka kegelapan alBathil akan sirna dengan sendirinya.

Sungguh, kita semua khawatir, jika postingan FB lebih banyak sampahnya, jangan jangan banyak diantara kita memang tidak bahagia menjalani peran kesehariannya, jangan jangan bahkan banyak diantara kita memang tidak punya peran spesifik peradabannya cuma bekerja mencari nafkah dan mengais serta mengumpulkan harta.

Jika begitu apakah layak kita disebut Hamba Allah dan Khalifah Allah di muka bumi? Jika begitu berarti kiamat sudah dekat.

Salam Pendidikan Peradaban

#pendidikanberbasisfitrah dan akhlak
#fitrahbasededucation

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s