Jusman Syafii Djamal

November 20, 2016

Pertanyaan “kemana hendak melangkah” sering diajukan ketika kita bermain atau menonton pertandingan catur. Dalam papan catur tiap bidak memiliki peran. Tiap buah catur memiliki tupoksi, tugas pokok dan fungsi”.

Catur adalah permainan dengan pelbagai kemungkinan langkah yang sukar ditebak atau tidak mungkin diikuti. Ada misteri dalam setiap langkah yang dimainkan oleh para ahlinya. Dalam permainan catur dikenal istilah castling menggerakkan dua bidak dalam waktu bersamaan.

Kita juga kenal langkah kuda yg sukar diduga dan kejutan langkah roker dimana raja bertukar tempat dengan benteng.

Catur adalah permainan yg amat digemari di kota medan ketika sy masih SMA. Tiap warung kopi pasti punya papan catur dan gitar. Kita bisa bergembira disaba. Ada olah fikir ada olah rasa. Ini Medan Bung kata pemilik warung. Kota yg tak pernah berhenti melahirkan juara catur dan bahkan grand master.

Seperti kata Gary Kasparov juara catur dunia yang kini jadi politisi : You cannot say, ‘Go! Go! Rah! Rah! Good move!’ People want some emotion.

Chess is an art and not a spectator sport”. Permainan catur bukan olahraga biasa yang ditonton dengan banyak teriakan dan sorakan riuh rendah.

Catur adalah permainan dan seni olah fikir. Setiap langkah perlu dihitung dengan cermat. Apalagi jika mengelurakan langkah sampul”.

Karenanya seorang ahli geopolitics bernama Zbigniew Brezezinsky menulis buku berjudul Grand Chessboard. Papan catur politik ekonomi global yang saling berinteraksi satu sama lain.

Ada pengaruh yg luas dan penuh kompleksitas serta pelbagai kemungkinan, akibat perubahan peta politik dan ekonomi suatu kawasan. Tak mudah kini menebak arah perubahan peta geopolitik dunia.

Perubahan berskala “bedroom politics”, atau politik internal di negara adidaya misalnya bisa saja menambah kompleksitas masalah ditengah turbulency ekonomi akibat ” international “boardroom politics” yang berubah petanya.

Karenanya diperlukan wisdom dan kewaskitaan menelisik yg tak kasat mata agar ekonomi bisa tumbuh ciptakan lapangan kerja.

Kini jika kita menggunakan analogi permainan catur, dan arenanya adalah letak geografis dan peta politik ekonomi domestik serta ekonomi internasional, kemana energi Bangsa ini akan diarahkan ??
No one knows ..,…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s