//
you're reading...
Human being, Motivasi, Pendidikan, Perubahan, Renungan

Cerita Sukses Anak

Harry Santosa – Millenial Learning Center
16 Okt 2016

Cerita tentang anak anak sukses di dunia dan di akhirat adalah bukan cerita anak yang hebat atau di”hebat”kan orangtuanya sejak usia dini. Sepanjang kisah hidup anak anak ini bahkan nampak berantakan dan tidak selalu seindah dan sehebat yang kita bayangkan.

Kadang bahkan itu adalah cerita tentang anak yang nampak aneh, nakal, susah diatur, tidak fokus, menyebalkan, berkali kali berbuat kesalahan dan mengecewakan, perilaku yang tidak menggembirakan dstnya. Kadang bahkan itu cerita tentang orangtua yang kadang kebingungan dan frustasi.

Namun bagi orangtua di balik kisah sukses itu, semua perilaku itu hanyalah pertanda dan pola. Mereka memandang dengan penuh empati bahwa semua kenakalan dan keburukan perilaku anaknya itu adalah jeritan jiwa, kegelisahan bathin, luapan emosi, energi potensi dsbnya yang tak menemui jalan keluar.

Bagi orangtua di balik kisah sukses anaknya, itu semua bukan berujung kepada hukuman, tekanan lebay dstnya namun dipahami dengan penuh syukur dan penuh empati mendalam sehingga Allah berikan hikmah yang banyak untuk membuka tabir hati, melihat pola dan titik tumpu kesadaran fitrah kemudian Allah tunjuki kepada jalan hehat terbaik untuk mengembalikan dan membangkitkan fitrah anak menuju peran terbaiknya

Orangtua dibalik kisah sukses anaknya itu sama seperti kita. Dulu merekapun tak bisa melihat akhir. Bagaimana mereka bisa melihat saat ketika sebiji benih fitrah yang kecil atau sebuah pohon kecil yang nampak lemah kelak akan menjadi pohon yang besar menjulang ke langit yang cabangnya rimbun dan buahnya lebat memberi manfaat kepada alam dan kehidupan sekitarnya?

Namun para orangtua dibalik kisah sukses anak anaknya itu ada kesederhanaan dan kebersahajaan di hadapan Allah Sang Murobby sejati bagi anak anaknya, ada kesyukuran yang luarbiasa akan cahaya fitrah anak anaknya, ada keyakinan dan keimanan penuh bahwa Maha Suci Allah dari kesia siaan ciptaannya, keoptimisan tak bertepi bahwa kelak anak anaknya akan memiliki jalan hebat dan peran peran terbaik peradabannya untuk memenuhi maksud penciptaannya sebagai Hamba Allah dan Khalifah Allah di muka bumi.

Mari berani menjadi arsitek peradaban bagi anak anak kita, sesungguhnya baiknya peradaban di mulai dari rumah rumah kita dan di jamaah dan komunitas kita..

Salam Pendidikan Peradaban
#fitrahbasededucation
#pendidikanberbasisfitrah dan akhlak

About ekoharsono

Just a simple person....that's all

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: