//
you're reading...
Human being, Lingkungan, Pendidikan, Perubahan

Peran Pemimpin dalam Peradaban

Harry Santosa – Millenial Learning Center
Oct 09, 2016

Dalam konsep peradaban, sesungguhnya negara hanyalah wadah peradaban, bukan peradaban itu sendiri. Peradaban sesungguhnya adalah manusia secara personal maupun manusia secara komunal di dalam keluarga maupun di dalam komunitas. Keluarga dan komunitas inilah sesungguhnya pemilik peradaban karena dari sanalah lahir para pemimpin, peran serta karya karya peradaban. Community leader is a real leader.

Para pengurus dan pelayan administratif semisal Lurah, Camat, Bupati, Gubernur apakah layak disebut Pemimpin? Mereka sesungguhnya hanya pelayan administratif dan infrastruktur yang “kekuasaan”nya sangat dibatasi dan diawasi UU maupun Legislatif. Mereka, para pemimpin administratif itu bukan real leader, mereka hanyalah ilusi kepemimpinan.

Karena kebanyakan kita adalah manusia yang tercerabut dari komunitasnya, lalu melayang layang di kota besar tanpa memiliki komunitas yang ajeg dengan sosok leader yang kuat maka kebanyakan kita menganggap para pemimpin administratif itu sebagai real leader. Begitupula halnya dengan desa desa maupun daerah yang kebanyakan telah kehilangan kearifan dan pemimpin sejatinya.

Akuilah bahwa kitapun hanya berurusan dengan mereka, para pelayan administratif itu, untuk urusan administrasi dan layanan publik bukan Aqidah maupun hal hal prinsipil lainnya. Bahkan kita bebas untuk beriman, beribadah dan tentu hanya dihukum bila mengganggu kepentingan publik.

Bukankah para Pemimpin Sejati sesungguhnya adalah para leader informal di komunitas? Bukankah kita lebih taat kepada Pemimpin informal ini? Jujurlah bahwa pemimpin di komunitas kita jauh lebih kita taati dalam urusan urusan yang prinsipil dan keimanan daripada para pemimpin administratif? Bukankah kita tahu pemimpin administratif itu banyak tidak hadirnya dalam hal hal yang penting dan prinsip?

Biarkanlah para pemimpin administratif itu sebagai pelayan saja. Lalu mari kuatkanlah dan berdayakanlah komunitas kita dalam urusan prinsipil keseharian dalam segala hal seperti pendidikan maupun pemberdayaan bersama serta urusan lainnya yang menentukan masa depan generasi peradaban anak anak kita di dunia dan di akhirat.

Salam Pendidikan Peradaban

#fitrahbasededucation
#pendidikanberbasisfitrah dan akhlak

About ekoharsono

Just a simple person....that's all

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: