//
you're reading...
Human being, Kajian, Lingkungan, Pendidikan, Perubahan

Prinsip Prinsip Pendidikan berbasis Fitrah untuk Tahap Usia 7 – 10 Tahun

Harry Santosa – Millenial Learning Center
4 Oktober 2016

1. Pahami Fitrah Perkembangan untuk tahap ini dengan baik. Tahap ini adalah fase latih awal dimana anak sudah boleh diperintah atau adab sudah disampaikan sebagai perintah. Allah memerintahkan orangtua agar menyuruh anak anak mereka sholat ketika berusia 7 tahun. Perintah sholat adalah penanda dimulainya fase pre aqilbaligh awal, inilah perintah untuk beradab kepada Allah. Di Fase ini juga anak sudah menyadari adanya dunia sosial di luar dirinya, menyadari adanya kehidupan dan adanya aturan di atasnya.

2. Fitrah keimanan pada fase ini bergerak meningkat dari Tauhid Rubbubiyatullah, kepada Tauhid Mulkiyatullah, yaitu sejalan dengan perkembangan fitrah sosialnya dan fitrah belajarnya maka anak disadarkan bahwa Allahlah Zat Yang Harus Ditaati dan Pembuat Hukum.

Catatan. Indikator tumbuhnya Fitrah Keimanan dengan baik pada tahap usia 0-6 tahun, adalah bahwa pada tahap usia 7-10 tahun anak akan menerima perintah sholat dengan ikhlash. Jika masih belum ikhlash pada tahap ini maka proses pembangkitan cinta pada Allah melalui keteladanan harus diperkuat. Ada masa 3 tahun untuk mengokohkan fitrah keimanan sehingga diharapkan pada usia 10 tahun tidak perlu dipukul.

3. Berikan aktifitas aktifitas produktif yang relevan dengan sifat uniknya untuk mengembangkan Fitrah Bakat. Lakukan Tour de Talents atau kunjungan ke beragam profesi yang relevan untuk membuka wawasan dan libatkan dalam banyak aktifitas yang relevan untuk menemukan aktifitas produktif yang apabila anak memulainya sangat ditunggu tunggu, menjalaninya seolah waktu berhenti berputar dan mengakhirinya tidak mengatakan “akhirnya selesai juga”, tetapi meminta diulangi lagi. Diharapkan usia 10 tahun sudah mengkristal menjadi peran yang siap dikembangkan.

4. Fase ini Fitrah Belajar dan Bernalar mengalami masa emasnya, interaksi belajar terbaik adalah di alam dan di kehidupan. Belajar berbasis project sesuai ketertarikan pada subyek alam akan sangat baik untuk memunculkan gairah inovasinya. Learning is not for Learning, but Learning is for Innovation. Dorong anak untuk melakukan ekpedisi, eksplorasi, riset sederhana di alam.

5. Bina kelekatan (attachment) untuk Fitrah Seksualitasnya dalam hal ini fitrah peran kelelakian dengan lebih mendekatkan anak lelaki pada Ayah dan fitrah peran keperempuanan dengan lebih mendekatkan anak perempuan pada ibu. Ibu dan ayah harus menjadi idola pertama dan terbaik bagi anak anaknya. Ayah tuntunlah anak lelaki ke masjid dan kenalkan peran peran kelelakian di masyarakat. Ayah menjelaskan pada anak lelaki ttg “mimpi basah” dan kewajiban besar dibalik amanah yang harus dijaga ini, termasuk mandi wajib dstnya. Ibu tuntunlah anak perempuan untuk terlihat dalam peran keperempuanan di rumah. Ibu menjelaskan pada anak perempuan ttg “haidh” dan kewajiban besar dibalik amanah yang harus dijaga dstnya.

6. Ekpresikan Fitrah Estetika dan Bahasa melalui apresiasi keindahan pada sastra, arsitektur, desain, musik, sejarah dsbnya. Anak sebaiknya punya apresiasi atau karya estetika. Beberapa anak yang punya bakat dalam bidang seni akan nampak lebih menonjol apresiasinya.

7. Fase ini ego sentris sudah bergeser ke sosio sentris. Jika anak terpuaskan Fitrah Individualitasnya pada usia 0-6 tahun maka pada usia 7-10 akan nampak mudah mengembangkan Fitrah Sosialitasnya, misalnya lebih percaya diri, mudah membuat keputusan (bukan peragu) dan sangat empati dan suka berbagi. Beri anak tanggungjawab sosial sederhana dalam proyek bersama di rumah atau di masyarakat.

8. Perkuat Fitrah Jasad dan Kesehatannya, dengan adab adab atau sunnah sunnah pada makan, tidur, kebersihan, kesehatan yang baik agar menjadi kekuatan fisik yang prima. Beberapa anak mungkin punya bakat di bidang terkait fisik seperti olahraga, beladiri maka perlu lebih didalami.

Salam Pendidikan Peradaban
#fitrahbasededucation
#pendidikanberbasisfitrah dan akhlak

About ekoharsono

Just a simple person....that's all

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: