//
you're reading...
Human being, Leadership, Lingkungan, Motivasi, Pendidikan, Perubahan

Wahai Para Pendiri Sekolah

Harry Santosa – Millenial Learning Center
27 Sep 2016

Wahai para pendiri sekolah, didiklah para orangtua untuk mampu mendidik anak anaknya. Doronglah para orangtua untuk berani mendidik anak anaknya sendiri. Bimbinglah para orangtua untuk mengenali semua potensi fitrah dirinya dan fitrah anak anaknya. Ajarkan para orangtua untuk mampu merancang personalized curriculum bagi tiap anak anaknya.

Wahai para pendiri sekolah, jangan biarkan dirimu menjadi tempat penitipan anak, ibarat Binatu atau Laundry yang menerima seonggok cucian kotor lalu kau harus mencuci sampai bersih, kering dan terlipat rapih. Kemudian kau terima bayaran dan terima komplain. Bukan begitu misi lembaga pendidikan yang sejati. Ketahuilah ada banyak fitrah yang memerlukan didikan langsung para orangtua

Wahai para pendiri sekolah, kasihanilah para orangtua yang hanya bisa menitipkan anak anaknya. Kasihanilah mereka karena mereka sudah lama meninggalkan fitrah peran mendidik anak anaknya. Jangan kau tambah lagi penyimpangan fitrah mereka dengan membiarkan mereka menitipkan anaknya sepenuhnya di lembagamu. Ajak mereka kembali kepada fitrah peran keibuan dan keayahannya, insyaAllah semuanya akan menjadi mudah bagimu dalam mendidik anak anak generasi peradaban.

Wahai para pendiri sekolah, jangan merasa lebih hebat dari Tuhan, sehingga berani mengambil alih amanah pendidikan anak dari tangan para orangtuanya. Bukankah orangtua yang diamanahkan Tuhan untuk mendidik anak anaknya? Maka libatkanlah orangtua dalam mendidik anak anaknya seluas luasnya dan sebanyak banyaknya. Bangunlah pendidikan berbasis komunitas agar para orangtua bisa saling bersinergi, belajar dan menasehati.

Wahai para pendiri sekolah, insyaflah, bahwa tidak ada anak yang bermasalah sehingga harus dididik di sekolah. Yang ada adalah orangtua yang bermasalah karena tidak mau kembali kepada panggilan fitrah perannya untuk menjadi ayah dan ibu sejati. Tidak ada anak yang tidak punya masa depan, yang ada adalah orangtua dan guru tidak mampu mensyukuri setiap aspek potensi fitrah anak anaknya lalu mentarbiyahnya dengan baik.

Wahai para pendiri sekolah, indikator keberhasilanmu bukan diukur dari banyaknya murid dan siswamu atau uang sumbangan gedung atau terkenalnya yayasanmu atau tegak mewah gedungmu, tetapi diukur dari berapa banyak orangtua yang disadarkan untuk kembali dan berani mendidik anak anaknya sesuai fitrahnya. Keberhasilan lembaga pendidikan diukur dari tegaknya komunitas orangtua yang berdaya bersama mengantarkan anak anak mereka kepada peran peradaban terbaik dengan adab yang mulia.

Wahai para pendiri sekolah, ingat ingatlah Misi Pendidikan yang diamanahkan Robbmu.

Salam Pendidikan Peradaban

#fitrahbasededucation
#pendidikanberbasisfitrah dan akhlakl

About ekoharsono

Just a simple person....that's all

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: