//
you're reading...
Human being, Kemandirian, Leadership, Lingkungan, Motivasi, Pendidikan, Perubahan

Deja Vu : Bicara Leader-Shift

Deja Vu : Bicara Leader-Shift di UNISBA
Jusman Syafii Djamal
Sep 23, 2016

Pagi ini Selasa 20 September 2016, dari jam 940 sd 1100 sy hadiri undangan Rektor Unisba Prof.Dr.dr M Thaufiq Boesoeirie MS.Sp.THT-KL(K). Sy diminta bicara dalam kuliah umum didepan 3000 mahasiswa baru. Sharing pengalaman dalam Acara Taaruf. Perkenalan Kampus. Sebelum sy pembicaranya adalah Pangdam Siliwangi dan Walikota Bandung, Ridwan Kamil.

Topik bahasan yg saya sampaikan Leadershift. Pemimpin Ditengah Gelombang Perubahan. Sengaja gunakan istilah Shift u memberi konotasi pentingnya Paradigm Shift atau Perubahan Mindset. Bukan Ship atau berkonotasi kapal, wahana, yg mudah terombang ambing Hanyut Tenggelam ditelan Gelombang zaman yg selalu berubah.

Paradigm Shift memiliki orientasi untuk selalu adaptip dan agile. Adaptip terhadap setiap perubahan cuaca-medan dan musuh yg dihadapi.Agile dalam arti Trampil jadi nakhoda yg selalu berpedoman pada kompas, konfigurasi bintang dan juga 8 penjuru mata angin.

Agility atau trengginas dan kelincahan meniti buih yg tercipta dari jam terbang dan pengalaman menguasai iptek. Platform dan GPS yg membawa kapal Pinisi lolos dari gelombang badai sampai ketujuan.Ada seni kepemimpina yg perlu dilatih selama jadi mahasiswa. Itu pesan saya.

Kampus adalah kawah candradimuka untuk mengadopsi kekuatan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai engine of growth.Kampus adalah laboratorium sosial. Breeding ground of Leader -Shift. Wahana bagi mahasiswa berlatih surfing atau menari bersilancar diatas gelombang perubahan.

Alhamdulillah dan Terimakasih atas undangan nya pak Rektor.

Ditengah ribuan mahasiswa baru itu terasa ada deja vu dgn kenangan tahun 73 ketika pertama kali jadi mahasiswa baru ITB.Ketika itu – 43 tahun lalu – Masih terkenang semangat bergelora dari seorang lulusan SMA1 Medan yg merantau dgn kapal KoanMaru berlabuh di Priok dari Belawan. Dgn tekad belajar di ITB, ingin menjalin persahabatan atau frindeship kawan satu kapal dgn lulusan SMA lain dari penjuru Indonesia. Benih Spirit Bhineka Tunggal Ika muncul diam diam

Disini Sy jadi ingat pesan Hideyoshi seorang samurai yg merangkak dari jabatan pembawa sendal Nobunaga hingga menjadi Shogun pengganti Nobunaga, tuan nya :

Setiap sesuatu tak akan tumbuh di sebuah lahan yang tak terawat.Pohon ek yang terkuat sekalipun akan roboh bila tanah tak memberikan makan. Siapa pun yang ingin mencapai puncak kepemimpinan, dari prajurit paling rendah hingga pejabat yang paling berkuasa, maka tempat karirmu bakal tumbuh atau mati jika tak dirawat setiap hari. Jagalah hubungan antara orang yang ditemui, suatu saat nanti mereka akan membantumu”.
Begitu ujar Hideyoshi dalam buku Nyanyian Jiwa Sang Samurai.

Mahasiswa baru adalah mutiara. Masa depan Indonesia ada di tangan dan fikiran nya. Kita tak boleh abai. Kata Hideyoshi dalam buku Eiji Yoshikawa , Taiko :”Medan Pertempuran dimana Persaingan dan Kompetisi berlangsung sengit dimasa kini dan masa depan bukanlah tempat yang baik untuk bergurau dan bercanda”

Mohon maaf jika keliru. Salam

About ekoharsono

Just a simple person....that's all

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: