//
you're reading...
Ekonomi, Human being, Review

Melayani Customer dengan jadikan Customer sebagai Guru

Jusman Syafii Djamal

Ada tiga jenis kerangka bangun logika dalam fikiran. Pertama Logika Sebab Akibat. Dipelajari sejak Sekolah Dasar hingga melekat dalam fikiran. Ada deduksi, ada induksi. Alur berfikir yang menyatakan tak mungkin ada akibat tanpa sebab. Tak lahir reaksi tanpa aksi. Ada tanya Apa, dimana, siapa, bagaimana, bilamana dan mengapa untuk menelusuri jawaban dari semua soal. Pendekatan sebab akibat yang linier ini bersifat hitam putih. Terang gelap. Clear Cut.

Kedua : Logika Multi Makna. Tiap peristiwa sederhana mungkin lahir dari persoalan yang kompleks berjalin kelindan. Satu akibat yang lahir dari banyak sebab. Seperti mata rantai dari tulang yang membentuk dan menggerakkan seekor ikan di samudera yang luas.

Fishbone cause and effect. Mata rantai sebab akibat yang berurutan seperti kerangka ikan. Ada jaringan mata rantai yang saling kait berkait secara sistemik. Penguasaan logika ini kita pelajari terutama disekolah Engineering. Mata kuliahnya Systems Thinking.

Sebuah kepakan jutaan kupu kupu di hutan amazon Brazilia yang beresonansi dalam satu ecosystem mengalir bersama waktu melahirkan badai angin puyuh di Alabama Amerika Serikat. Butterfly effect.

Ketiga : Logika Melingkar pembentuk spiral down or up. Setiap akibat lahir dari suatu sebab. Setiap reaksi muncul dari suatu aksi. Organisme membuat mata rantai sebab akibat ini tak pernah berhenti. Ada lingkaran yang berputar superti roda. Muncul spiral yang menyatakan setiap solusi pada suatu problem akan jadi masalah diwaktu berikutnya dan melahirkan solusi berbeda. Lain lubuk lain ikannya.

Layanan prima dari suatu industri jasa akan ikuti jalur kerangka logika ini. Jika seorang pelanggan puas akan service yang diberikan ia akan merambat jadi buah bibir dan muncul pelanggan baru. Service yang baik melahirkan pelanggan yang naik pula. Dan pelanggan yang senang membuat layanan meningkat ke level yang lebih tinggi. Tak ada batas gerak maju dalam standard pelayanan. Sebab tiap kepala dan hati pelanggan memiliki selera berbeda.

Ketika kita mengupgrade perangkat lunak di smartphone yang kita miliki, seolah ada temuan kenyamanan baru yang dinikmati. Fitur teknologi baru yang ada dalam updating software membuat kita lebih nyaman bekerja. Tanpa disadari banyak fitur dan fungsi baru yang muncul sebetulnya bukan buah fikiran dari perancang perangkat lunak.

Semua itu lahir dari kritik, ulasan dan usulan para penggunanya. Begitu juga dalam layanan jasa yang diberikan, kemajuan dan keunggulan muncul karena kritik para pelanggan. Karenanya dimasa kini Pelanggan adalah Raja.

There are three types of logic.

First is the linear logic you start learning at elementary school. The logic of cause and effect. Question and Answer. Problem and Solution. Clear cut, black and white.

Second is Plural Logic, you learn that one effect can have multiple causes. One cause can have multiple effect. Plural logic as basic approach to Systems Thinking, help us understand complex situation.

Third is Circular logic, the relational form in which cause becomes effect and effect become cause. The chicken and egg problem.
Services is always relational in nature and so benefit from mastery of circular logic way of doing thing. Just as a good student make their teachers better. And a good audience makes for a better performarmance. Good Service make customer happy. And a happy customer make a better service.

Anyone who pays close attention when they install a software update is likely to make a remarkable discovery. Many of the new functions and features aren’t innovations by the designer, but improvement suggested by users.The program is suddenly capable of more than the original maker could ever have imagined .

Sometomes you need your customer’s eyes to reveal potential of a product.

Quote from Eric Gerritsen : Think like a manager, Don’t Act like One

About ekoharsono

Just a simple person....that's all

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: