//
you're reading...
Human being, Motivasi, Pendidikan, Perubahan

Kampus Perubahan, Kampus yang Kita Butuhkan

Imam B Prasodjo

http://m.hukumonline.com/berita/baca/lt57c3c4c9c8f5e/kampus-perubahan-butuh-orang-orang-abnormal

Pada hari ini, 29 Agustus 2016, saya mendapat kehormatan untuk berbicara di hadapan forum terhormat ini, untuk mengemukakan fikiran dan berbagi sedikit pengalaman terkait upaya yang harus kita bangun bersama, yaitu membangun kampus perubahan. Apa yang dimaksud dengan kampus perubahan? Kampus perubahan adalah kampus yang dapat menjadi tempat bersemainya kader-kader intelektual yang memiliki komitmen kuat, penuh keikhlasan hati, dan tanpa ragu bersedia terjun langsung di tengah masyarakat untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi.

Kampus perubahan adalah kampus penggodogan penggerak masyarakat, atau kampus tempat bersamainya para kader, yang dalam istilah Peter F. Drucker sebagai “entrepreneurs,” yaitu orang-orang yang tanpa ragu mengambil alih masalah dalam masyarakat untuk melakukan perbaikan-perbaikan.

Saya menganggap pembicaraan ini sangat penting karena saya tengah berhadapan dengan segenap sivitas akademika, khususnya para mahasiswa yang akan memulai dan yang tengah mengikuti pendidikan di kampus Sekolah Tinggi Hukum Indonesia Jentera, sebuah sekolah tinggi yang dirancang khusus untuk mencetak pembaharu hukum Indonesia yang mampu menjadi penggerak bangsa dalam mencapai kehidupan yang lebih demokratis, berkeadilan dan sejahtera. Kelak setelah tamat, para mahasiswa diharapkan dapat menjadi “praktisi hukum yang mempunyai kecakapan dan integritas tinggi dalam mendukung upaya reformasi hukum di Indonesia.”

Dalam tataran nasional, kita memang membutuhkan kader-kader terbaik bangsa yang mampu mengemban misi melakukan beragam perbaikan di berbagai bidang. Kebutuhan atas kader-kader terbaik bangsa ini semakin kita rasakan di saat kita terancam oleh beragam krisis multidimensional yang dapat membawa negeri kita ke dalam situasi darurat kompleks (complex emergencies).

Dalam situasi ini kita memang membutuhkan banyak orang “yang memiliki komitmen kuat, yang mau meluangkan waktu siang dan malam, memeras keringat dan fikiran, menggalang jaringan, menumbuhkan kesadaran dan kebersamaan untuk menciptakan perubahan sistemik guna terciptanya kehidupan yang lebih baik.” Orang-orang “abnormal” semacam inilah yang kita butuhkan, yang harus dapat kita kembang-biakkan dalam kampus perubahan.

Untuk mewujudkan semua ini memang memerlukan sebuah kerja besar, yang tak mungkin dilakukan oleh orang per orang atau bahkan lembaga per lembaga secara terpisah. Kerja kolektif harus dilakukan bila kita ingin merealisasikan impian ini. Sambil menuggu munculnya kekuatan besar untuk mewujudkan hal ini, saat ini harus ada pihak yang mencoba untuk memulainya. Harus ada pihak yang nekad untuk melangkah dengan apa pun sumberdaya yang tersedia.

Sudah saatnya, segenap sivitas akademika melakukan eksplorasi total, memanfaatkan semua sumber daya yang ada, baik dalam kampus maupun luar kampus, untuk membangun kampus menjadi kampus perubahan. Kampus harus kita jadikan sebagai wadah intensif untuk berbagi pengalaman, membangun jejaring, dan merancang beragam aksi. Kita perlu “total football” untuk menggerakkan upaya besar ini.

Kampus harus menjelma menjadi tempat bersemainya kader-kader intelektual yang memiliki komitmen kuat, penuh keikhlasan hati, dan tanpa ragu bersedia terjun langsung di tengah masyarakat untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi.

#iPras2016
29 Agustus 2016

About ekoharsono

Just a simple person....that's all

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: