//
you're reading...
Motivasi, Pendidikan, Perubahan

Cara Belajar Abad 21

Indrawan Nugroho

Inovator adalah mereka yang tidak pernah berhenti belajar. Sayangnya kebanyakan orang belajar dengan cara jadul yang membuat mereka sulit bersaing dengan pemain lain yang sudah lebih canggih cara belajarnya. Kalau mau bisnis atau karirnya melesat di abad 21 ini, ya harus bisa belajar dengan gaya abad 21. Mau tahu caranya? Yuk kita simak tipsnya.

Tips belajar abad 21 ini saya sampaikan sebagai syarat dasar diawal sesi #CompetitiveInnovationWorkshop beberapa hari lalu. Ada tiga hal yang harus kamu lakukan. Ketiganya adalah Like, Comment, dan Share.
Loh kok seperti fitur enggament di Facebook? Iya betul sekali. Memang kalau kita mau mendapat hasil yang maksimal dari sebuah proses belajar, maka kita harus punya enggagement (keterlibatan) yang tinggi dengan subjek pembelajaran kita.

LIKE. Pelajarilah sesuatu yang kamu sukai. Jika pun kamu terpaksa mempelajari sesuatu yang kamu tidak suka, maka cari hal yang kamu sukai disitu seberapapun sedikitnya. Mulailah dari situ. Ketika kita menyukai subjek yang kita pelajari, maka proses pembelajaran menjadi lebih mudah dan asyik.

COMMENT. Berikan pendapatmu terhadap ilmu atau informasi yang kamu pelajari. Kamu boleh setuju, boleh juga tidak. Kalau setuju, kenapa? Kalau tidak setuju, bagaimana seharusnya? Tidak penting apakah pendapatmu itu benar atau salah, yang penting adalah kamu jadi terlibat dalam eksplorasi ide atas ilmu yang kamu pelajari. Dengan begitu, bukan hanya pemahaman kamu bertambah, kemampuan kamu mengingat ilmu tersebut juga akan meningkat.

SHARE. Cara belajar paling efektif adalah dengan mengajarkan ilmu tersebut pada orang lain, walaupun ketika kamu belum menguasainya secara lengkap. Ilmu adalah suatu kekayaan yang semakin banyak kita berikan, justru membuat kita semakin kaya. Jadi setiap kali kamu dapat ilmu, bagilah ilmu itu ke orang lain. Ke teman, suadara, siapapun juga. Dengan hadirnya media sosial, sharing menjadi lebih mudah di lakukan.

Klub Inovator Bisnis ini hadir untuk membantu kamu belajar dengan gaya abad 21. Ketika kamu memilih bergabung disini, semestinya kamu pada dasarnya sudah LIKE dengan topik inovasi dan bisnis. Itu modal awal. Disini kamu juga bisa beri COMMENT atas semua ilmu atau informasi yang dibagi disini. Disini juga kamu bisa SHARE ilmu dan pengalaman yang kamu miliki, seberapapun sedikitnya, dengan memposting tulisan untuk dibaca lebih dari 12 ribu anggota kita.
Jadi mulai sekarang, yuk kita lebih aktif di Klub Inovator Bisnis – Indrawan Nugroho Berikan LIKE pada semua tulisan yang kamu sukai.

Berikan COMMENT kamu, apapun itu, pada setiap tulisan yang diposting disini. Kemudian jangan lupa SHARE ilmu kamu dengan mempostingnya disini, juga SHARE ilmu yang kamu dapat disini ke teman-teman kamu yang lain. Semakin banyak LIKE, COMMENT, dan SHARE, maka semakin cepat dan banyak kita belajar.

Kamu bisa mulai dengan me LIKE, COMMENT, dan SHARE tulisan ini. Hehehe.

Semoga manfaat.
Indrawan Nugroho
Business Innovator
CEO CIPTA Consulting
Co-founder Kubik Group

About ekoharsono

Just a simple person....that's all

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: