//
you're reading...
Human being, Motivasi, Perubahan

Miyamoto Musashi : Sebelas Jalan Pedang Menuju Profesionalisme

Jusman Syafii Djamal

Dimasa lalu hanya dua bidang keahlian yang disebut sebagai Professional, yang pertama Military Officer dan Kedua Dokter. Yang satu profesionalisme untuk memenangkan pertempuran dan memperluas teritori. Yang satu lagi profesionalisme untuk menyelamatkan dan menyembuhkan mereka yang sakit. Di Jepang ketika zaman sebelum Shogun Tokugawa berkuasa jalan profesionalisme sebagai Military Officer ini disebut jalan pedang. Samurai. Diantara Samurai yang terkenal ada seorang legenda bernama Mushashi yang ceritanya disajikan dalam bentuk novel oleh Eiji Yosihkawa dan sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dapat ditemukan di toko buku Gramedia bagi yang berminat.

Berikutnya ada 11 Catatan Musashi yang ia sebut sebagai Jalan Pedang, Jalan menuju Profesionalisme menurut versi abad sebelum Shogun Tokugawa, beberapa hal relevan terutama bagi saya yang memilih jalan profesional sebagai seorang insinyur teknologi perancangan pesawat terbang. Ia menyebutnya begini :

1. Maknai segala sesuatu sebagaimana adanya. Terima fakta dan kenyataan sebagaimana adanya. Accept everything just the way it is.

2. Tak perlu takut berlebihan dengan pesaing anda. Tuhan MahaAdil, Maha Pengasih dan Penyayang. Semua orang dilahirkan dengan segala jenis talenta dan potensi genetik serta sifat alamiah dengan energi dan kekuatan yang seimbang dan setara. Hanya rasa konfidens dan keyakinan pada kemampuan diri sendiri yang membuat jalan yang di tempuh menuju sukses berbeda.

Ada yang suka jalan mudah, ada yang memilih jalan berliku danmendaki semua puncak terjal untuk menempa diri. Tak ada kekuatan mukjizat yang dapat merubah diri kita menjadi jagoan yang cerdas, cermat dan trengginas kecuali kegigihan untuk melatih diri tak kenal henti dengan segala jenis kesulitan.

Lebih baik jatuh bangun dan berlumur darah dikala latihan, daripada gagal dan mengalami kekalahan telak dikala berkompetisi dan bertanding.

“All man are the same except for their belief in their own selves,regardless of what others may think of them” “There is nothing outside ofyourself that can ever enable you to get better, stronger, richer, quicker, orsmarter. Everything is within. Everything exists.

3.Jangan cari kekuatan lain diluar jangkauan kemampuan dirimu.Gantungkan masa depan dengan upaya diri sendiri dan karunia Illahi Rabbi. Seeknothing outside of yourself.”

4.Jangan Buang Waktu ditempat dan dipekerjaan yangtak bergunayang hanya membawamu kelubang penderitaan dan kegagalan.
“Do nothing that is of no use”

5. Belajar dan terus Giat menggali potensi kemampuanprofesionalisme diri sendiri. Jebol semua dinding hambatan yang mebelenggupotensi kemampuan terbaik yang dimiliki.

Dari satu pengetahuan yang dikuasai lahirkan seribu karya bernilaiguna. “From one thing, know ten thousand things” .

Tak mungkin menguasai ilmu tentang jagat raya jika engkau hanya belajar tentang satu planet. Jangan manjakan diri sendiri dengan makanan enak dan kenikmatan lain sebelum mencapai puncak keberhasilan. Datangi dan punyai pengalaman untuk melihat, mengamati dan menaklukkan wilayah baru yang sebelumnya membuat diri kita gemetar ketakutan untuk mendatanginya, baik dalam fikiran maupun dalam tindakan.

“It is difficult to understand the universe if you only studyone planet” .“Do not sleep under a roof. Carry no money or food. Go alone toplaces frightening to the common brand of men.

6. Jadilah orang yang gigih dan penuh semangat meraih sasaran dan tujuan menuju cita cita yang ditetapkan.”Become a criminal ofpurpose”.

Penjarakan dirimu dalam ruang dan waktu yang menjadi wilayah kesamaptaan dan kesasmitaan yang dikelola sendiri. Be put in jail, andextricate yourself by your own wisdom.”

7. Jangan terus menerus memikirkan ego dan kepentingan diri sendiri, kelompok dan golongan sendiri. Orientasikan produktivitas fikiran dan karyamu untuk kemashlatan sekitarnya.“Think lightly of yourself and deeply ofthe world”

8. Kembangkan intuisi dan kesasmitaan yang engkau peroleh melalui latihan tak kenal henti pada semua indera yang dipunyai. Coba pahami yang tersirat dari semua yang kasat mata.
“Perceive that which cannot be seen with the eye.”

9.“Jangan masuk medan perang yang bukan daerah yang engkau ketahui dalam latihan dan pelajari. Engkau hanya akan mungkin menang dalamkompetisi jika itu sesuai dengan bidang profesi dimana engkau dilatih selamaini. You can only fight the way you practice”

10. Alasan utama engkau berlatih dan belajar serta bekerja keras menguasai sebuah profesi adalah agar engkau mampu melahirkan maha karya, produk unggulan yang mampu memenangkan persaingan dan membuatmu bangga.

“The only reason a warrior is alive is to fight, and the onlyreason a warrior fights is to win”

Miyamoto Musashi, A Book of Five Rings: The Classic Guide to Strategy

About ekoharsono

Just a simple person....that's all

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: