//
you're reading...
Human being, Lingkungan, Pendidikan, Perubahan

Becoming Great School

Wicak Amadeo

Sebuah gerakan pendidikan dapat diinisiasi oleh masyarakat yang menginginkan perubahan secara gradual berbasis kesepakatan dari para pemangku kepentingan (stakeholder) pendidikan di setiap sekolah.

Di sekolah dimana guru, siswa, dan orangtua secara intens bekerja sama membangun dan mengembangkan bahan ajar yang sesuai dengan kondisi lingkungan anak-anak mereka, maka proses belajar yang berlangsung akan lebih bernilai dan berhasil guna. Salah satu aspek penting dari proses belajar berbasis kesepakatan dan kepercayaan antara guru, siswa, dan orangtua ialah kebebasan guru dalam merancang skema belajar yang diinginkan setiap anak.

Kurikulum, hanyalah framework yang menjadikan setiap guru dapat terus berpikir dan berinovasi dalam merancang dan menjalankan skema pembelajaran yang mereka sukai. Sekolah harus terbiasa untuk mengeksplorasi kekuatan mereka berdasarkan kearifan lokal yang disepakati antara guru, siswa, dan orangtua.

Tulang punggung dan jantung proses pendidikan di sekolah ialah keingintahuan dan kreativitas. Dalam banyak kasus, ujian nasional memang mematikan curiosity dan creativity dalam waktu yang bersamaan (the worst enemy of curiosity is standardization). Agar sekolah memiliki kekuatan untuk terus belajar maka perlu ada kepedulian yang tinggi terhadap kemanusiaan.

Well-being menjadi lebih penting dibanding knowledge, nilai-nilai kemanusiaan menjadi lebih berharga dibanding pengetahuan. Jika seorang guru merasa proses belajar mengajar mereka kurang bermakna, mereka tak perlu sungkan untuk merancang ulang setelah memperoleh masukan yang cukup, baik dari siswa maupun rekan sesama guru.

Jika ada sistem atau aturan yang menurut mereka akan menghambat proses belajar-mengajar yang bermakna, mereka tak segan untuk sesegera mungkin merancang ulang sistem pengelolaan kelas, bahan ajar, atau apa pun yang berkaitan dengan proses belajar-mengajar di sekolah. Kata redesign menjadi acuan bersama guru, kepala sekolah, siswa, dan orangtua agar mereka tetap kreatif dan menjaga rasa ingin tahu (curiosity) mereka tetap hidup.

Begitulah Great School.

About ekoharsono

Just a simple person....that's all

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: