//
you're reading...
Creativity, Human being, Motivasi, Pendidikan, Perubahan

Learn – Do – Share

Hasanuddin Abdurakhman

LEARN

Sejak saat pertama kita lahir kita tidak pernah berhenti belajar. Prosesnya berjalan lambat, tapi kita belajar. Salah satu hal yang kita pelajari adalah, bila kita merasa tak nyaman oleh sesuatu lalu kita berteriak, seseorang akan datang untuk menolong kita. Semakin besar kita tumbuh, semakin banyak hal yang kita pelajari. Belajar tiarap, merangkak, duduk, berjalan, berbicara, dan seterusnya.

Lalu tibalah waktunya kita masuk sekolah. Kita belajar lebih banyak di sekolah. Belajar kini bergeser dari proses alami menjadi proses sistematis. Beberapa orang menikmatinya, tapi tidak sedikit yang tersiksa. Dulu kita belajar karena ingin bisa, maka kita belajar dengan senang, sampai bisa. Ada yang cepat bisa, ada yang lambat. Tapi tak ada yang menyerah. Tak ada misalnya yang berhenti belajar berjalan atau berbicara, karena merasa tak bisa.

Sekolah adalah tempat belajar kolektif. Waktu terbatas, ruang terbatas. Bahkan daya tampungnya pun terbatas, sehingga orang harus bersaing untuk bisa masuk sekolah. Maka orang tidak diberi kesempatan untuk belajar sampai bisa. Orang harus bisa dalam suatu rentang waktu tertentu. Kalau tidak bisa, ditinggalkan. Maka kita dikotak-kotakkan antara yang sangat bisa, bisa, agak bisa, kurang bisa, dan tidak bisa. Kotak-kotaknya disimbolkan dengan angka-angka atau huruf-huruf nilai. Sejak itu kita diyakinkan bahwa ada hal di mana kita tidak bisa. Kita diajari untuk berhenti belajar.

Lalu kita lulus sekolah. Tamat. Selesai. Kita lagi-lagi diajari untuk berhenti belajar. Tugas kita sekarang adalah bekerja, bukan belajar. Atau, kita diyakinkan bahwa kita sudah bisa, melalui sertifikat, ijazah, gelar, dan jabatan. Saya sudah bisa, maka saya tidak perlu belajar lagi. Masak sarjana belajar lagi. Masak doktor belajar sama lukusan S1. Lagi-lagi kita didorong untuk berhenti belajar.

Saya sadar bahwa saya harus selau belajar. Ada begitu banyak hal yang saya belum bisa, belum tahu, maka saya terus menerus belajar. Berbagai cara saya lakukan untuk belajar. Bertanya, membaca, berdiskusi, ikut pelatihan, dan sebagainya. Saya juga berpikir, meramu hal-hal yang pernah saya pelajari, menjadi pengetahuan baru. Tidak ada kata tamat dalam belajar, tidak boleh kita berhenti.

DO

Tahu tentang sesuatu tak punya akibat apa-apa. Tindakan kita berbasis pada suatu pengetahuanlah yang menimbulkan akibat. Maka pengetahuan perlu diubah menjadi tindakan nyata.

Bisa melakukan sesuatu juga tidak mengubah apa-apa selama kita tidak melakukannya. Orang yang bisa dengan tidak bisa tidak tampak berbeda ketika mereka tidak sedang melakukan sesuatu.

Hampir semua orang tahu bahwa tepat waktu itu baik. Namun, berapa banyak dari kita yang mempraktekkannya? Kita tahu bersih itu baik, tapi tidak sedikit dari kita yang jorok.
Kita tahu olah raga itu menyehatkan, tapi kita tidak melakukannya.

Jadi, mari kita lakukan hal-hal baik yang kita tahu. Hentikan kebiasaan-kebiasaan buruk yang kita ketahui keburukannya. Jadilah manusia yang lebih baik dengan cara itu.

Practice makes perfect. Kalau kau lakukan, kau akan menjadi lebih baik dalam melakukannya. Makin sering kau lakukan, kau akan melakukannya dengan sempurna. Doing is actually a learning process.

SHARE

Saya selalu membagikan pengetahuan dan pengalaman saya dengan berbagai cara. Melalui tulisan, ceramah, diskusi, atau sekedar obrolan ringan. Saya ingin orang lain belajar dari pengetahuan dan pengalaman saya.

Saya juga membagikan hal-hal yang saya pikirkan. Banyak orang yang kesulitan merumuskan sesuatu secara utuh, kemudian bisa merumuskannya setelah membaca tulisan saya atau mendengar pembicaraan saya.

Saat berpikir merumuskan sesuatu sering saya mendapat gagasan baru. Untuk merumuskan sesuatu tidak jarang saya harus belajar lagi. Sering pula saya mendapat pengetahuan baru dari tanggapan orang-orang terhadap hal-hal yang saya bagikan.

Berbagi pada dasarnya adalah proses belajar juga.

About ekoharsono

Just a simple person....that's all

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

