//
you're reading...
Human being, Lingkungan, Pendidikan, Perubahan, Renungan

Orang tua & Fitrah Peran Sejati Mendidik Anak

Harry Santosa – Millenial Learning Center

Bahagia rasanya melihat mulai banyak orangtua muda maupun tua yang semakin mandiri dan cemerlang dalam mendidik anak anaknya. Beberapa diantara mereka bahkan menulis buku dan membagikan pengalamannya.

Di tengah carut marut pendidikan dan pekatnya kerusakan generasi, mereka tampil bagai kesejukan di padang sahara, bak bintang di langit yang menerangi. Mereka padahal orangtua yang biasa saja, tiada yang istimewa, hanya saja mereka adalah para orangtua yang sadar dan berani kembali kepada fitrah peran sejati untuk mendidik anak anak mereka sendiri. Para orangtua hebat ini umumnya bukan psikolog, bukan ahli pendidikan, bukan terapist, juga bukan berlatar belakang ilmu pendidikan.

Benarlah janji Allah, bahwa Allah akan memampukan mereka yang menyambut panggilanNya. RAISE YOUR CHILD, RAISE YOURSELVES.

Beberapa karakteristik mereka adalah

1. Menyambut panggilan Allah dengan ikhlash sehingga Allah berikan banyak hikmah untuk mendidik anak anaknya dan kembali mensyukuri potensi potensi fitrah dirinya dan tentu juga anak anaknya.

2. Tiada kata terlambat. Tertatih awalnya, bukan tanpa perjuangan menaklukan ketidak percayaan diri sendiri namun semakin lama semakin Allah mudahkan, semakin terkuak banyak misteri keindahan fitrah anak anaknya dan dirinya. Semakin seru dan bahagia menjalaninya.

3. Ikhlash berbagi idea, cerita, pengalaman, hikmah baik tulisan bahkan dalam bentuk buku, tentang hikmah yang mereka peroleh sepanjang perjalanannya merawat dan mendidik fitrah anak anak mereka.

4. Rajin belajar bersama dan berkolaborasi dalam komunitas dengan saling menasehati dalam kebenaran, keshabaran dan kasih sayang dalam peran mendidik. Mereka menyadari bahwa perlu berjamaah untuk memunculkan generasi dengan peran peran terbaik dan akhlak mulia.

5. Hikmah untuk tiap anak. Yakin bahwa merekalah yang terbaik bagi anak anaknya. Ilmu mereka barangkali bisa setara S3 dalam mendidik anak anaknya, karena diperoleh dari pengalaman nyata. Ingatlah bahwa tiada ahli parenting terbaik bagi anak anak kita, kecuali kita orangtuanya, karena Allah telah karuniakan hikmah yang banyak sekadar dan setara amanah yang diberikan.

6. Syukur dan shabar. Walau demikian, mereka tetaplah orangtua biasa yang bukan tanpa masalah dan kadang gelisah tetapi kini gelisahnya bukan karena lebay obsesif atau lalai pesimis, tetapi kegelisahan yang membuat mereka terus mendekat dan bersyukur atas semua potensi fitrah (jalan sukses) serta memohonkan doa pada Allah (kunci sukses) agar dimudahkan jalannya serta bershabar berinovasi menjalani peran sejatinya dengan terus belajar dan beramal (cara sukses).

7. Ubah cara pandang. Mereka memandang anak mereka sebagai karunia terindah, amanah terbaik, sahabat tercinta, kesempatan mengembalikan fitrah diri, mega proyek melahirkan generasi dengan peran terbaik untuk menjadi khalifah di muka bumi sehingga Allah ridha, dstnya. Bukankah Allah telah instal fitrah baik dalam diri anak anak mereka disamping hikmah yang banyak?

8. Rileks dan Optimis. Dengan cara pandang di atas, mereka semakin rileks dan optimis sebagai pertanda hamba yang yakin dan bersyukur, mereka semakin asik belajar dan berinovasi sebagai pertanda hamba yang istiqomah dan shabar. Hampir semua problematika anak selalu bisa diselesaikan dengan dimulai dari tenang dan optimis, sehingga bisa jernih melihat dan mendengar, merasa dan menghayati problematika kemudian menemukan pola untuk ditemukan solusi terbaiknya tanpa menciderai fitrah keduanya.

Wahai para Orangtua, jadilah bagian dari kabar dan pertanda baik bahwa dari rumah dan komunitas kita akan muncul generasi baru, generasi anak anak kita yang kelak jauh lebih baik dalam peran dan lebih mulia dalam akhlak sesuai fitrahnya. Semakin banyak orangtua hebat semakin baik generasi mendatang. InshaAllah.

Salam Pendidikan Peradaban
‪#‎pendidikanberbasisfitrah‬ dan akhlak
‪#‎pendidikanberbasispotensi‬

About ekoharsono

Just a simple person....that's all

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: