//
you're reading...
Lingkungan, Perubahan

Etos Kerja

Triyogi Yuwono

Perlu menjadi renungan kita semua bahwa ketertinggalan produktivitas kita dengan bangsa-bangsa lain terutama dari neraga-negara maju, tidak cukup kita kejar dengan kerja cerdas namun juga dengan kerja keras. Apalagi kalau kita menyadari bahwa kemampuan kita masih di bawah kemampuan mereka di negara negara maju. Kerja cerdas memang efisien tetapi tidak efektif, karena belum memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki, dalam hal ini waktu. Sehingga kalaupun prosentase efisiensi tinggi, namum bila dihasilkan oleh modal input yang rendah maka akan menghasilkan output produk yang juga rendah. Artinya untuk terus meningkatkan kinerja kita secara maksimal, maka kita harus mempunyai Etos kerja, yaitu tetap kerja keras memanfaatkan segala waktu secara efektif yang kita punyai, sambil terus meningkatkan kemampuan kita bekerja cerdas sehingga lebih efisien. Inilah sebuah upaya kita mengejar ketertinggalan, yang akan merupakan tantangan kita bersama.

Persoalannya sekarang adalah bagaimana kita bisa menjadikan Etos kerja tersebut menjadi bagian dari budaya masyarakat kita. Menjadikan etos kerja sebagai bagian dari budaya masyarakat kita memang tidak mudah, tetapi harus senantiasa diupayakan agar kita tidak semakin jauh ketinggalan dari negara-negara lain.

Ketika bekerja tersebut hanya kita niatkan sekedar untuk memenuhi tuntutan hidup duniawi kita, maka sangat mungkin akan sulit membudayakan etos kerja di masyarakat kita. Karena, mungkin kita akan cepat menjadi puas ketika tuntutan kita tercapai atau loyo ketika tidak tercapai.

Namun etos kerja harus kita bangun dan kita niatkan bahwa bekerja semata-mata untuk beribadah kepada Allah guna memperoleh ridhoNya. Karena kita manusia menjalankan titahNya sebagai kalifah di muka bumi ini. Dengan cara begitu, maka kita akan terus menjaga etos kerja sehingga menjadi budaya kita. Sebagaimana firman Allah ….”Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mu’min akan melihat pekerjaanmu itu”.

Bagaimana menurut anda….????

About ekoharsono

Just a simple person....that's all

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: