//
you're reading...
Creativity, Ekonomi, Entrepreneurship, Motivasi, Perubahan

Kemenangan Portugal di EURO 2016 dan Kaitannya dengan Bisnis yang Kita jalankan

By Dewa Eka Prayoga

Sedari dulu, Saya adalah penggemar Sepak Bola. Klub idola Saya adalah SS Lazio, sementara negara jagoan Saya adalah Jerman (tentu setelah timnas Indonesia) hehe ^_^

Nah, ceritanya tadi malam Saya nonton partai final Euro 2016 yang mempertemukan Portugal vs Perancis. Hasilnya? Portugal yang jadi juara. Yeah!

Lagi2, Saya bukan pendukung Portugal. Tapi entah kenapa, setelah Jerman keok (hikshiks…), Saya malah empati sama Christiano Ronaldo cs. heu

Yuk mari kita analisa secara “ngawur” kenapa Portugal bisa juara dan apa kaitannya dengan bisnis yang kita jalankan….

(1). KEBERUNTUNGAN ITU DICIPTAKAN

Berada di grup F bersama Hongaria, Islandia, dan Austria, Portugal justru lolos ke fase 16 besar dengan hanya membukukan 3 poin, alias 3x seri. Artinya, udah hampir gak lolos. Inilah keberuntungan pertama.

Di fase 16 besar, Portugal menghadapi Kroasia, yang sebelumnya menduduki peringkat pertama grup D, di atas Spanyol, malah Kroasia keok oleh Portugal dengan skor 0-1. Assemnya, gol kemenangan tersebut dicetak 3 menit menjelang bubaran pertandingan di masa tambahan waktu. GENDENG! Inilah keberuntungan kedua.

Lolos ke perempat final, Portugal ditakdirkan melawan Polandia. Sempat tertinggal 0-1 oleh goal Lewandowski, akhirnya Portugal menyamakan kedudukan di menit ke-33 dengan goal Renato Sanchez. Karena sampai perpanjangan waktu gak ada yang menang, akhirnya lanjut ke babak penalti. Beruntungnya lagi, Ronaldo cs berhasil memenangkan adu penalti 5-3. Inilah keberuntungan ketiga.

Masuk ke Semifinal, Christiano Ronaldo bertemu dengan rekan setimnya di Real Madrid, Gareth Bale cs, yaitu Wales. Baiklah, disini Portugal memang benar2 berjuang. Alhasil, Ronaldo dan Nani berhasil mencetak masing-masing 1 gol dan mengantarkan negaranya lolos ke babak Final.

Nah, di Final, Portugal bertemu dengan tim tuan rumah yang dijagokan juara, yaitu Perancis. Dengan rentetan kemenangan Perancis di laga2 sebelumnya, tentu Perancis diunggulkan jadi juara. Nyatanya, justru malah keok, walaupun Portugal harus ditinggal oleh Christiano Ronaldo pada menit ke-25 karena cedera. Hasilnya? Heran, tanpa Ronaldo, Portugal malah JUARA. Hufh! Inilah keberuntungan keempat.

Berdasarkan rentenan kemenangan tersebut, wajar banget kalau banyak orang bilang bahwa Portugal juara karena “KEBERUNTUNGAN”. Sampai2 ada meme billang begini,

“Tim ini mengajarkan bahwa keberuntungan adalah salah satu kunci dalam meraih sukses besar”

Pertanyaannya, apakah Anda percaya dengan keberuntungan? ^_^

Seperti apa kata sobat Saya, Bong Chandra, dalam bukunya The Science of Luck, bahwa Keberuntungan itu bisa diciptakan. Dalam tweetnya, dia pernah bilang,

“Menang 1x itu kebetulan. Menang 2x itu keberuntungan. Menang 3x itu kemampuan”

Artinya, keberuntungan memang bisa diciptakan. Masalahnya, kita gak tau caranya. Bener gak?

Di tim Portugal misalnya. Yang kita nggak tahu, apa yang terjadi dalam “belief system” dan mental para pemain Portugal beserta semangat yang diusung oleh pelatihnya. Yang bisa kita saksikan, cuma skill para pemain dan permainannya di lapangan. Sementara sukses itu katanya ditentukan 80% oleh mental, sisanya baru skill. Nah lho?

Lantas, apa hubungannya dengan bisnis?

Coba cek keyakinan dan mental Anda dalam menjalankan bisnis, apakah Anda yakin bahwa bisnis yang Anda bangun saat ini suatu saat akan menjadi besar bahkan memilki aset triliyunan? Atau jangan2 gak pernah kebayang sama sekali? Pernahkah Anda mensetting mental kaya dalam bisnis Anda? dst….

Renungkan…

(2). JANGAN HANYA MENGANDALKAN SOSOK TERTENTU

Coba Anda tonton ulang pertandingan Portugal vs Perancis tadi malam. Semenjak Christiano Ronaldo keluar, justru pertandinan Portugal jadi lebih lepas. Gak ada ketergantungan sama sosok tertentu. Anehnya, permainan kaya gini justru yang mengantarkan mereka jadi juara. Komentator pertandingan pun justru ragu dan bilang, “Kalau Ronaldo main sampai akhir, kayanya belum tentu juara. hehehe”

Begitupun dalam bisnis. Jangan pernah bergantungan pada sosok tertentu. Mungkin awal2 Anda lah yang memiliki peran penting dalam keberlangsungan bisnis yang Anda jalankan. Anda lah otak dan foundernya. Tapi ingat, Anda sedang membangun bisnis, bukan menjalankan bisnis. Artinya, suatu saat HARUS Anda tinggalkan. Maka mau nggak mau, Anda harus buat SISTEM yang tidak bergantung pada siapapun. Inilah awal dari kunci keberlangsungan bisnis tanpa kehadiran Anda…

Jadi, coba cek bisnis Anda sekarang, apakah masih ketergantungan sama Anda? Hayo….

Kalau masih, artinya Anda belum sepenuhnya MEMBANGUN bisnis, karena Anda masih MENJALANKAN bisnis.

Sesekali, tinggalkan saja bisnismu. Buat sistem dan ujicoba segera. Sama seperti tim Portugal yang ketika ditinggal Ronaldo malah juara. Okey? ‪#‎maksa‬

(3). FLEKSIBILITAS STRATEGI

Banyak orang berkomentar, strategi yang diterapkan oleh pelatih Portugal sangat monoton. Bahkan cenderung membosankan. Apakah Anda setuju?

Kalau Saya sih “YES”, setuju banget. hehe… Tapi kita bisa ambil pelajaran dari strategi yang ia canangkan. Sama seperti pelatih berkebangsaan Portugal lainnya, Jose Mourinho, yang seringkali membawa penampilan monoton, tapi anehnya juaranya banyak!

Itu persis seperti dalam bisnis. Anda harus tahu, GOAL Anda apa? Apapun goal yang Anda canangkan, pastikan Anda dapat meraihnya dengan berbagai strategi dan taktik.

Tak peduli Anda dibilang “ngirit”, tapi kalau goal Anda adalah Cashflow yang Sehat, kenapa tidak?

Tak peduli Anda dibilang “lama”, tapi kalau goal Anda adalah Bisnis yang Kuat, kenapa tidak? cc Rendy Saputra

Tak peduli Anda dibilang “kuno”, tapi kalau strategi tersebut bisa mendekatkan Anda pada goal Anda, kenapa tidak?

Intinya, strategi yang Anda gunakan dalam bisnis harus fleksibel, jangan kaku. Yang harus kaku itu goalnya, bukan strateginya. Kebayang?

Dan terakhir, sebelum analisa ini semakin ngawur (^_^), Anda tidak bisa pungkiri bahwa keberadaan Ronaldo di atas lapangan sangat menentukan. Walaupun udah keluar dan digantikan sama Quaresma, tapi di samping lapangan dia udah kaya pelatih yang gak berhenti teriak menyemangati rekan timnya. Inilah yang disebut LEADERSHIP…. cc Surya Kresnanda

Dalam bisnis pun begitu. Seperti kata John Maxwell,

“Level Bisnis Anda tak akan bertumbuh melebihi level leadership yang Anda miliki”.

Pertanyaannya, bagaimana leadership Anda dalam memimpin perusahaan? Renungkan…

Semoga analisa sotoy saya ini bermanfaat… ^_^

Tentu kalau bermanfaat, share ya…

“Bermimpi itu GRATIS, jadi teruslah bermimpi!” (Christiano Ronaldo)

About ekoharsono

Just a simple person....that's all

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: