//
you're reading...
Human being, Pendidikan, Perubahan

Berkarakter..

Erizeli Bandaro

Suatu saat saya bertanya kepada teman mengapa dia bisa sabar menanti 3 tahun untuk mulai membangun project. Padahal proyek itu sudah selesai tahap studi dan dari segi dana, pasar, tekhnologi sudah tersedia. Tapi mengapa harus tunggu tiga tahun, baru memulai. Ternyata baru saya tahu bahwa dia menunggu jawaban atas tawarannya kepada seseorang. Seseorang itu adalah executive dari salah satu perusahaan asing , lulusan universitas biasa saja di Indonesia. Dia ingin orang itu duduk sebagai Presiden Direktur Perusahaan yang akan mengelola proyeknya.

Apa kelebihan orang itu? Padahal banyak lulusan universitas terbaik di Negeri ini dan juga diluar negeri. Mengapa harus menunggu orang itu setuju atas tawarannya. Teman itu jatuh cinta kali pertama dengan orang itu dalam suatu pertemuan bisnis. Orang itu,katanya , pendengar yang baik, wajahnya selalu memberikan pancaran magnit kepada kita bahwa kita berbicara dengan orang yang tepat. Dia murah senyum. Bijak menyikapi perbedaan pandangan dan kalau dia menyampaikan argumentasinya sangat efektif membuat kita mengerti.

Dan yang lebih membuat dia jatuh cinta adalah orang itu bisa dengan segera keluar dari meeting busines hanya karena ingin melaksanakan ritual sholat. Sholatnya tidak lama, ya hanya 10 menit dia sudah ada diruangan rapat lagi. Untunglah setelah menanti 3 tahun, orang itu bersedia menerima lamarannya. Proyekpun mulai dibangun dan sukses. Ya ketika orang itu taat beragama maka agama menjadi the way of life. Bukan simbol semata. Dia pasti pekerja keras. Dia selalu unggul karena agama berkata , dia menerapkan dengan baik.

Akhlak yang baik bertumpu pada cinta. Ia tidak pernah berprasangka buruk kepada siapapun dan bila benar terjadi buruk dia tetap berprasangka baik. Kehebatan seseorang itu bukan karena skill tapi karena akhlaknya. Mengapa ? skill anda pasti ada harganya dan dibayar, selesai. Tapi akhlak tidak ada harganya. Itulah mengapa teman saya tidak melirik kepada orang lain yang skill nya lebih hebat dari executive yang akan di hired nya. Akhlak dari target calon executive itu membuat dia berbeda dan bernilai.

Akhlak membuat dunia yang sesak menjadi lapang, yang gelap menjadi terang. Senyuman tulus anda kepada seseorang akan selalu abadi dihati seseorang dan hanya senyuman pula pembayarnya. Menolong orang yang kesusahan , kesempitan, tanpa berharap apapun tapi hanya karena Allah maka tak akan bisa dibayar dengan apapun. Itu akan abadi bagi sipenerima dan doanya untuk yang menolong akan selalu menghias langit ,yang akan menyelematkan sipenolong dari segala prahara.

Memaafkan orang yang tak mampu membayar hutang adalah kemewahan yang tak terhingga. Itulah salah satu kemewahan dari akhlak. Karena Akhlak , orang menjadi pemaaf, sabar. Karena Akhlak orang menjadi kuat. Karena Akhlak ia pengasih penyayang. Baginya mendapatkan rahmat Tuhan tentulah dengan Cinta. Karenanya sifatnya penuh cinta ,yang tentu jauh dari sifat tinggi hati. Kerendahan hati menghiasi hidupnya untuk mendekatkan yang jauh dan menentramkan bagi mereka yang berbeda..

Anak ku. Jadilah orang beragama yang berakhlak. Karena yang membuat nilaimu berbeda bukan karena kamu kaya atau sarjana hebat atau gagah atau cantik atau sorban haji tapi karena akhlak mu. Kau menentramkan siapapun. Karena ketika kau berakhlak baik orang tidak akan bertanya apa agamamu. Tapi bila akhlak mu buruk orang akan tanya agamamu. Jangan rusak syiar agama hanya tabiat burukmu.

Jadi Nak , bila Tuhan menjadi tujuanmu maka dunia akan menjadi tempat persinggahan yang sebaik baiknya. Kalau senang kamu akan bersyukur dan bila susah kamu akan bersabar. Apapun itu selalu baik bagi mu…Pahamkan sayang..

About ekoharsono

Just a simple person....that's all

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: