//
you're reading...
Creativity, Entrepreneurship, Perubahan

Keluarlah dari Gedung

Keluarlah dari Gedung

Konferensi para developer merupakan sesuatu yang ditunggu-tunggu di Silicon Valley. Apple punya apa yang disebut dengan Apple WWDC (Worldwide Developer Conference). Google menamai konferensi developernya dengan Google I/O, yang berarti Input/Output, juga Innovation in the Open.

Bagi platform provider seperti Apple (iOS) dan Google (Android), developer aplikasi adalah tumpuan bisnis mereka. Tanpa peran developer, maka platform mereka tidak banyak berguna bagi pelanggan, dan akhirnya ditinggalkan pasar. Itu yang terjadi pada symbian milik Nokia, Windows Mobile milik Microsoft dan Blackberry OS milik RIM.

Dan itu sebabnya pula setiap tahun Apple Dan Google berlomba-lomba untuk membangun rasa penasaran sekaligus memuaskan kebutuhan teknis para developer. Tujuannya satu, agar semakin banyak developer membuat aplikasi untuk platform mereka.

Saya adalah fanboy Apple, tapi kali ini saya akan sedikit membahas Google. Khususnya Google I/O. Ada yang menarik dari penyelenggaraan Google I/O tahun ini. Lokasinya dipindah. Dari Moscone Center di pusat kota San Francisco ke Shoreline Amphitheater di Mountain View California. Perhelatan akbar itu dilakukan di ruang terbuka!

Para nerds dan geek yang tangannya penuh dengan gadget dan laptop, hari itu diberi sunglasses, sunscreen, dan bandana oleh panitia. Jadilah Google I/O saat itu seperti perhelatan Festival Jazz di ruang terbuka. Bedanya, yang dibicarakan oleh yang hadir bukannya jenis musik alternatif atau penyanyi pendatang baru, melainkan API,Google Web Toolkit dan App Engine.

Ini cara Google menegaskan dirinya bahwa ia menghadirkan teknologi untuk semua orang. Teknologi dan inovasi juga harus gaul, asyik, dan seru. Dengan begini, Google menjauh dari positioning Apple yang eksklusif dan high-end.

Dari sudut pandang pengembangan inovasi, menurut saya Google juga melakukan langkah yang tepat. Kalau memang Google berharap aplikasi yang dibuat oleh para developer itu nanti bisa diadopsi oleh banyak orang, maka para programmer yang sukanya mengunci diri di basement ini harus dibawa keluar! Melihat dan berinteraksi dengan dunia yang mereka coba layani.

Gagasan dan inovasi akan lebih mudah muncul ketika sang inovator banyak berbenturan langsung dengan dunia yang sesungguhnya. Maka saya mengutip Steve Blank, bapak Lean Startup dunia, “keluarlah dari gedung Anda”. Atau laboratorium Anda, atau garasi Anda, rasakan denyut kehidupan pasar yang Anda ingin layani. Kemudian ciptakan solusi inovatif untuk mereka.

Indrawan Nugroho
Business Innovator
CEO CIPTA Consulting
Co-founder Kubik Group

About ekoharsono

Just a simple person....that's all

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: