//
you're reading...
Creativity, Ekonomi, Entrepreneurship, Kemandirian, Motivasi, Perubahan

Tukang Sayur vs Pebisnis Sayur

Amy Susanto
8 June 2016

Jika kamu seorang yang punya usaha dan berbisnis, harus baca ini. Bagaimana bisnis dapat berkembang menjadi besar.

Penjual Sayur

Pak Toni dan Pak Anto sama-sama berjualan sayur. Mereka sama-sama menjual sayur berkeliling komplek, dengan jenis sayur yang sama dan harga sayur yang juga sama.
Tetapi ada perbedaan di antara mereka, Pak Anto merupakan orang yang suka berencana dan juga berpikiran terbuka, sedangkan Pak Toni orang yang merasa puas dengan apa yang dimilikinya.
Dalam 3 tahun mereka berjualan sayur, mulai nampak perbedaan dari cara mereka berjualan. Pak Toni masih dengan gerobak dan berkeliling untuk berjualan sayur. Tetapi Pak Anto berbeda, dia sudah tidak lagi berjualan sayur keliling, melainkan memiliki warung kecil dipasar dengan seorang penjaga toko yang di gaji olehnya
5 tahun kemudian, Pak Toni masih juga berjualan sayur dengan berkeliling komplek. Sedangkan Pak Anto sudah berjualan sayur di supermarket-supermarket, bahkan dia memiliki beberapa toko sayuran di beberapa titik. Pak Toni masih menguras tenaganya dengan berjualan sayur berkeliling, sedangkan Pak Anto saat ini lebih sering dirumah, bekerja di balik meja untuk menghitung-hitung bisnis sayur yang dimilikinya.
Nah dari ilustrasi tersebut, kira-kira apa yang membuat perbedaan yang cukup besar dari Pak Anto dan Pak Toni?
Kira-kira ini yang menjadi perbedaan mereka.
Pertama, Pak Anto merupakan orang yang memiliki rencana untuk mengembangkan bisnisnya, perhatikan baik-baik ketika Pak Anto mengembangkan bisnisnya, tidak hanya beliau memiliki penghasilan yang lebih baik, beliau juga dapat naik kelas dan tidak lagi menjadi penjual sayur berkeliling. Tidak hanya itu, tetapi Pak Anto juga dapat menabung untuk kesejahteraan keluarganya. Sedangkan Pak Toni tidak banyak perkembangan. Memang benar Pak Toni bisa menafkahi keluarganya, tetapi pertanyaannya sampai kapan? Karena manusia tentunya memiliki umur, akan ada saatnya Pak Toni menjadi seorang yang tua renta dan tidak mampu lagi berjualan sayur keliling.
Kedua, Pak Anto tidak hanya berpikiran untuk hanya mencari penghasilan untuk saat ini, tetapi juga melihat kemasa depan. Sedangkan Pak Toni hanya mencari penghasilan untuk saat ini saja.
Bagaimana? Paham? Tapi kemudian apakah hanya dengan mindset saja seorang Pak Anto dapat membesarkan bisnisnya? Tentu saja tidak!
Dari ilmu yang saya baca di buku Jurus Jitu Membangun Bisnis Berkah Omset Milyaran, ada beberapa hal yang bisa saya simpulkan agar bisnisnya bisa berkembang seperti yang di lakukan Pak Anto.

Pak Anto tidak selamanya menjadi superman.

Yang saya maksud dengan superman adalah semua pekerjaan dilakukan sendirian. Pada ilustrasi penjual sayur, ketika Pak Anto memiliki warung sayur di pasar, Pak Anto sudah menggaji seorang penjaga toko. Dengan menggaji penjaga toko tersebut, Pak Anto memiliki lebih banyak waktu untuk memikirkan rencana pengembangan, dan juga mengurusi hal-hal lainnya, seperti misalnya Pak Anto bisa mencari pemasok sayur yang lebih baik dan harga yang lebih murah daripada sebelumnya. Bahkan Pak Anto bisa mengurusi sawahnya sendiri untuk kemudian sayurnya dijual.
Nah Hal inilah yang disebut sebagai Great Team, dimana Pak Anto membagi pekerjaannya dengan pegawainya. Ini penting, karena jika kita hanya menjadi superman, pasti tidak semua aspek tidak dapat kita kerjakan. Seperti misalnya Pak Toni, karena terlalu sibuk untuk berkeliling berjualan sayur, akhirnya Pak Toni tidak sempat memikirkan rencana-rencana pengembangan. Coba bayangkan jika Pak Toni mencari pemasok sayur yang lebih murah dan mensurveynya, lantas Pak Toni meninggalkan dagangannya dan tidak berjualan begitu? Gak dapet penghasilan doong.

Pak Anto membuat sistem yang dapat di kopi untuk cabang lainnya.

Jika lihat ilustrasi, Pak Anto memiliki toko dengan cabang-cabang yang lain. Nah apakah Pak Anto berjualan di banyak tempat sendirian? Tentu saja tidak, memangnya badan Pak Anto bisa dibelah-belah? HhePasti Pak Anto memiliki pegawai-pegawai yang lain. Namun ada yang hal yang penting untuk kamu ketahui jika tidak memiliki sistem yang baik, pastinya untuk membuka 1 cabang saja Pak Anto akan kewalahan, karena harus mengajari satu persatu hingga bisa, dan pasti ada hal-hal yang terlupa, kenapa di cabang pusatnya bisa sukses tetapi di cabang lainnya tidak.
Ini yang saya sebut sebagai Great System. Dengan adanya sistem, bahkan anda bisa tidak perlu turun tangan langsung, anda cukup meniru apa saja yang dilakukan pada cabang pusatnya, misalnya anda cara berjualan, cara memasarkannya, harga-harga, bagaimana cara perhitungan yang dijual, dll. Dengan Great system Pak Anto hanya cukup mengajarkan berdasarkan contekan yang telah dilakukan sebelumnya.

Pak Anto memiliki strategi yang mampu membuat usahanya menjadi besar.

Ini juga hal yang penting. Tanpa strategi, Pak Anto pasti kesulitan untuk menjual sayur dagangannya. Paka ilustrasi, Pak Anto menitipkan sayurnya pada supermarket-supermarket. Ini yang disebut strategi, bagaimana produknya dapat laku, tidak hanya sekedar berkeliling atau membuat toko sendiri. Tetapi juga mencari alternatif jualan yang lain.
Dari ketiga hal tersebut saja, sudah cukup untuk mengembangkan bisnis kita.Mungkin saja dalam 5 tahun lagi, Pak Anto sudah memiliki supermarket sendiri dengan ratusan bahkan ribuan pegawai, tetapi Pak Toni masih juga menjual sayur keliling.
Pasti kamu berpikir, “ah itu mah hanya ilustrasi, kenyataannya akan sulit membangun itu semua”.
Bisa jadi alasan ini benar kalo kamu bilang hal tersebut 50 tahun yang lalu. Tapi saat ini sudah tidak lagi menjadi alasan. Karena saya bisa memberikan jawaban yang mudah atas pernyataan tersebut.

“Contek saja cara yang dilakukan pebisnis yang sudah sukses duluan.”

Ya benar, apalagi jaman sekarang pebisnis-pebisnis yang sudah sukses mengembangkan usahanya, tidak segan-segan untuk membocorkan rahasianya. Salah satunya adalah seperti buku jurus jitu membangun bisnis berkah omset milyaran ini.
Buku tersebut berisi ilmu yang dapat langsung kamu coba dan praktekan. Karena buku tersebut berisi cara-cara yang di lakukan oleh Agung Nugroho Susanto, S.H. yang tadinya hanya membuka sebuah laundry kecil dijalanan yang bisa dibilang cukup terpencil. Namun lihat saat ini, laundrynya sudah menjadi salah satu merk laundry terbesar dengan lebih dari 250 cabang di seluruh Indonesia.
Dan dia membocorkan rahasia dan cara-cara dia melakukannya pada buku Jurus Jitu Membangun Bisnis Berkah Omset Milyaran, Gila gak?
Jadi usaha dia yang dilakukan selama bertahun-tahun itu bisa kamu tiru dan praktekan hanya dengan mencontek buku tersebut. Mudah banget kan?
Nah kira-kira segitu tips yang sederhana ini, mudah-mudahan sedikit membantu buat para pengusaha-pengusaha yang pengen bisnisnya besar, gak cuman jadi pedagang doang. Jangan lupa juga, untuk selalu beli barang yang kamu butuhkan, gak cuman yang kamu inginkan.
 

About ekoharsono

Just a simple person....that's all

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: