//
you're reading...
Human being, Lingkungan, Pendidikan, Perubahan, Renungan

Pembiasaan dan Perubahan

Karena niat itu dari dalam (inside out), maka tiada amal yang permanen karena hal hal dari luar (outside in) seperti pembiasaan (conditioning), reward n punishment, intervensi, terapi apalagi pemaksaan 😊🙏

Ayah Bunda yang baik,

Hadits di atas adalah hadits pertama dalam kumpulan hadits arbain (40 hadits) yang shahih karya Imam Nawawi. Kajian tentang Niat dalam pembahasan Islam menempati urutan pertama pada semua Kitab klasik.

Para ulama berkomentar betapa penting, panjang dan dalamnya pembahasan tentang Niat ini. Ust Fauzil Adhim, mengatakan bahwa bab paling berat dan panjang adalah perkara niat

Sepintas hadits di atas sederhana, namun jika direnungi mendalam, justru ini menyangkut bagian terpenting dari pembahasan tentang amal atau perbuatan.

Ini menjadi dasar dan bukti juga bagi penemuan sains modern tentang motivasi dan juga tidak baiknya penggunaan conditioning atau pembiasaan dalam pendidikan termasuk penggunaan reward n punishment.

Maka penting bagi orangtua untuk memperhatikan metode dalam mendidik untuk membangkitkan niat ini melalui gairah, keridhaan, kecintaan, keteladanan dll agar anak beramal permanen sepanjang hayatnya karena berangkat dari dalam (inside out).

Riset membuktikan bahwa jika anak berbuat karena pembiasaan, maka mereka akan berhenti berbuat jika ada kebiasaan lain yang lebih menarik. Anak yg beramal karena takut hukuman atau karena hadiah, akan berhenti beramal ketika hukuman atau hadiah tidak ada lagi.

UstadAdriano Rusfi mengatakan bahwa pembiasaan hanya menghasilkan perubahan di permukaan, tak akan meresap ke dalam. Pembiasaan akan melahirkan Muslim, namun bukan Mu’min :

“Katakanlah (wahai Muhammad) : “Kalian belum Mu’min tapi katakanlah “kami telah Muslim”, karena belum masuk iman itu ke dalam hati kalian” (QS AlHujurat : 14)

About ekoharsono

Just a simple person....that's all

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: