//
you're reading...
Human being, Lingkungan, Pendidikan, Perubahan

Generasi AqilBaligh, Generasi Beradab

Generasi AqilBaligh, Generasi Beradab

Harry Santosa

Ketika semua fitrah tumbuh paripurna, maka secara alamiah AqilBaligh akan tiba sesuai waktunya AqilBaligh adalah kondisi kedewasaan peran dan tanggungjawab secara menyeluruh dimana Aqil (kedewasaan spiritual, emosional, sosial, finansial) dan Baligh (kedewasaan biologis fisik) tiba bersamaan atau tidak terlalu senjang di usia 14-15 tahun.

Kerusakan generasi hari ini adalah karena fitrah fitrah tidak didik secara menyeluruh sehingga peran dan tanggungjawab tidak muncul ketika anak mencapai baligh. Inilah mengapa baligh dan aqil akhirnya tiba tidak satu paket.

Kita tidak bisa mengukur AqilBaligh dari salah satu aspek saja, misalnya kemampuan peran tanggungjawab finansial (rusydah), tetapi juga tanggungjawab peran lainnya, seperti peran tanggungjawab kelelakian dan keayahan (arRijaal) dan peran keperempuanan dan keibuan (anNisaa) sebagai pertanda fitrah seksualitasnya tumbuh paripurna dengan ukuran indikator Akhlak terhadap Keluarga.

Begitupula tanggungjawab peran pada kehidupan (Bashiro wa Nadziro) sebagai pertanda fitrah bakat dan kepemimpinannya tumbuh paripurna dengan ukuran indikator adalah akhlak terhadap kehidupan, masyarakat dan zaman, berupa kemampuan membuat solusi bagi kehidupan dan realitas sosial.

Begitupula tanggungjawab peran pada alam semesta (rahmatan lil alamin) sebagai pertanda fitrah belajar dan nalarnya tumbuh paripurna dengan ukuran indikator akhlak terhadap langit bumi dan seisinya berupa kemampuan inovasi sekaligus melestarikan bumi.

Begitupula yang utama adalah tanggungjawab peran penyempurna akhlak (liutammima makarimal akhlak) sebagai pertanda fitrah iman dan tauhid nya tumbuh paripurna dengan indikator akhlak teehadap Allah yang melingkupi semua akhlak di atas.

Dan semua peran dan tanggungjawab itu tentu dimulai dengan merawat dan menumbuhkan (tarbiyah) benih fitrah anak anak kita sehingga menjadi pohon yang baik (syajaroh thoyyibah) dan berbuah akhlak pada tiap tangkainya lalu kemudian mengadabkannya (ta’dib) sehingga menjadi sempurnalah Akhlaknya.

Mari kita jalani pendidikan berbasis fitrah agar muncul generasi AqilBaligh, yaitu generasi peradaban yang beradab dan berakhlak dengan semua misi atau peran tanggungjawab manusia secara paripurna (insanul kamiil) dalam rangka mencapai tujuan dan maksud penciptaan, yaitu menjadi Khalifah di Muka Bumi dan menjadi Hamba Allah yang sejati.

Salam Pendidikan Peradaban

‪#‎pendidkanberbasisfitrah‬ dan akhlak
‪#‎pendidkanberbasispotensi‬
‪#‎aqilbaligh‬

About ekoharsono

Just a simple person....that's all

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: