//
you're reading...
Creativity, Kemandirian, Lingkungan, Motivasi, Pendidikan, Perubahan

Inilah Kisah William Kamkwamba, Bocah Penakluk Angin Dari Afrika

Wicak Amadeo

Senangnya jika anak-anak bisa belajar dan unjuk karya ASIK …

Akhir Semester Inspirasikan Karyaku …

Bahagianya jika di akhir semester, anak-anak di sekolah, tidak lagi menjadi Anak yang BUAS …
Berkutat Ujian Akhir Semester …

.

Belajar untuk Berkarya bagi Peradaban, dari lingkungan terdekat yang menginspirasi dunia …

.

Inilah Kisah William Kamkwamba, Bocah Penakluk Angin Dari Afrika

Inilah Kisah William Kamkwamba, Bocah Penakluk Angin Dari Afrika – Membaca buku ini, membuka mata saya bahwa betapa beruntungnya saya hidup di Indonesia. Afrika adalah benua yang serba kekurangan, tanah yang sebagian besar tandus, musim kering yang panjang, serta penduduk yang mayoritas memiliki fanatisme kesukuan. Selalu ada kisah sedih dari Afrika, entah itu yang disebabkan oleh bencana kelaparan, wabah penyakit, ataupun perang antar-etnis.

Namun selalu ada setitik embun di tengah padang pasir. Dalam buku ini, embun itu bernama William Kamkwamba. Seorang bocah Malawi miskin yang tinggal di desa kecil bernama Masitala, dekat kota Kasungu. Kekeringan dan gagal panen chimanga (jagung) di tahun 2002 yang melanda negeri itu, membuatnya terpaksa putus sekolah karena ayahnya tidak punya panen untuk dijual.

Gagal panen juga sama artinya dengan bencana kelaparan. Di tahun itu, konon bencana kelaparan telah membunuh ratusan penduduk Malawi. UNICEF memperkirakan ada 46 ribu anak Malawi yang kekurangan gizi. Saat itu William masih 14 tahun.

Sejak kecil, William adalah bocah yang memiliki rasa ingin tahu besar terhadap cara kerja alat apapun yang dilihatnya. Mengapa bahan bakar bisa membuat truk berjalan, dinamo membuat lampu sepeda menyala, bagaimana orang bisa menyimpan lagu ke CD, apa yang membuat radio mengeluarkan suara? Ia selalu bertanya pada ayahnya atau orang-orang yang dianggapnya mengerti. Namun mereka hanya tahu cara menggunakannya dan tidak bisa memberikan jawaban.

Akhirnya William menemukan jawabannya dalam buku-buku di perpustakaan desa. Sejak putus sekolah, dia memang banyak menghabiskan waktunya di perpustakaan itu. Suatu hari, William menemukan buku bergambar kincir angin, dengan judul ‘Using Energy’. Membaca buku itu, dia pun mengerti prinsip energi gerak dan cara kerja kincir angin.

“Angin akan memutar bilah kincir angin, menggerakkan magnet di dalam dinamo (sepeda), lalu menciptakan arus listrik. Jika kita sambungkan sepotong kawat ke dinamo itu, kita akan mendapatkan tenaga untuk berbagai benda, seperti bola lampu. Tidak perlu lagi memakai lampu minyak tanah yang asapnya pedih di mata dan menyesakkan nafas. Dengan sebuah kincir angin, aku dapat membaca di malam hari, bukannya tidur pukul 7 seperti orang-orang lain di Malawi.”

Pemikiran sederhana itu akhirnya berkembang ketika William menyadari bahwa kincir angin itu juga dapat memompa air untuk irigasi. Itu adalah solusi untuk masalah kekeringan di Malawi.

“Kalau pompa itu dipasang di sumur dangkal dekat rumah kami, kami akan bisa panen dua kali dalam setahun. Jika seluruh penjuru Malawi kekurangan makanan di bulan Desember dan Januari, kami malah sedang memanen jagung yang kedua kalinya. Dengan itu, aku tidak akan lagi kekurangan makan dan tidak akan putus sekolah.”

Terbakar oleh motivasi, William pun mempelajari dan mempraktekkan cara membuat kincir angin. Keterbatasan ekonomi dan peralatan mendorong William untuk menggunakan bahan-bahan bekas pakai yang diperolehnya dari sekitar rumahnya, tempat-tempat sampah, maupun Kacholoko, yakni tempat penimbunan rongsokan mesin, mobil, dan traktor.

Namun, ada saja komponen yang harus dibeli, seperti dinamo sepeda. Untuk membelinya, William bekerja ganyu, yaitu pekerjaan fisik yang dibayar per jam atau per hari. Dia juga sangat dibantu oleh sahabat-sahabatnya, Gilbert dan Geoffrey.

Seperti biasa, orang yang berbeda selalu dipandang sebelah mata. Penduduk sekitar memanggilnya ‘misala’, orang gila. Para pelajar sekolah di belakang Kacholoko menuduhnya sebagai penghisap chamba (mariyuana). Namun, sang Ayah selalu mempercayai dan mendukung anaknya.

Ketika kincir angin itu berdiri dan benar-benar menghasilkan listrik untuk rumahnya, orang-orang pun berbalik menghormatinya. William berhasil. Namun ia tidak cepat puas. Berbagai perbaikan dilakukannya agar kincir angin itu bisa menghasilkan listrik yang lebih besar dan juga lebih aman.

Kerja keras William akhirnya diketahui oleh Dr. Mchazime, yang bekerja di badan pendidikan MTTA. Beliau mengundang berbagai media massa terkenal untuk datang ke Masitala. Dr. Mchazime bermaksud menjadikan William sebagai contoh untuk pemerintah Malawi dan dunia, yaitu contoh anak berbakat yang mungkin akan tersia-sia karena kemiskinan. Bukan hanya itu, Dr. Mchazime lah yang mengupayakan agar William dapat meneruskan sekolah lanjutannya.

Kisah bocah pembuat kincir angin itu tidak berhenti sampai di situ. Internet telah mengubah dunia seorang William Kamkwamba. Sebuah artikel Daily Times, koran Malawi berbahasa Inggris, yang memuat kisah William di halaman depan, telah menarik perhatian Mike McKay, pemimpin NGO Amerika yang bekerja di Malawi. McKay menulis tentang William di blognya, Hacktivate. Blognya dibaca oleh Emeka Okafor, pengusaha dan blogger dari Nigeria. Emeka juga merupakan program director TEDGlobal 2007, konferensi besar yang akan diselenggarakan di Tanzania. Dia mengundang William sebagai salah satu pembicara.

Setelah itu, nama William pun semakin dikenal dunia. Semakin banyak orang yang ingin membantunya dan juga negerinya. William kemudian mendapat beasiswa untuk bersekolah African Leadership Academy di Johannesburg, Afrika Selatan. Misi sekolah itu adalah untuk mendidik calon-calon pemimpin Afrika di masa depan. Kini William kuliah di Dartmouth College, Amerika Serikat. Setelah lulus kuliah nanti, William berencana membangun lebih banyak kincir angin di negerinya.

Di tengah berbagai pujian dan harapan yang diberikan kepadanya, mungkin kata-kata inilah yang paling diingat oleh William. Ketika untuk pertama kalinya ia berhasil memasang bola lampu di ruang tengah rumahnya, William berkata pada ayahnya, “Mister Kamkwamba, ruangan ini dulunya begitu gelap dan menyedihkan pada jam-jam seperti ini. Sekarang coba lihat, Anda sedang menikmati listrik seperti orang kota!”

“Oh,” kata Ayah sambil tersenyum. “Aku menikmatinya lebih dari orang kota.”

“Karena tidak akan ada pemadaman listrik dan Anda tidak perlu membayar kepada ESCOM (PLN-nya Malawi)?”

“Ya, itu betul,” kata Ayah. “Tapi juga karena anakku yang membuat listrik ini.”

.

William Kamkwamba. Anak miskin yang keluarganya selamat dari bencana kelaparan. Musim kemarau yang berkepanjangan membuatnya harus putus sekolah karena ayahnya mengalami gagal panen jagung. Meski miskin, meski putus sekolah, ia justru menciptakan kincir angin yang menjadi pembangkit listrik dan penggerak irigasi.

William Kamkwamba merupakan contoh dari siklus gemar belajar. Awal belajar, Ia penuh rasa ingin tahu. Ia mendapat kemerdekaan belajar dengan membaca buku yang diminatinya. Ia mengalami pengalaman seru belajar dengan memilih tantangan yang sesuai minat dan kemampuannya. Pada akhirnya, hasil karyanya mendapat apresiasi dari orangtua dan masyarakat yang membuat William mendapatkan kebermaknaan belajar.

William Kamkwamba juga contoh siklus perkembangan belajar yang menarik. Anak usia 13 tahun sudah melewati fase Belajar Mendalam dengan capaian berupa hasil karya yang sesuai potensinya dan bermanfaat buat masyarakatnya. William mencipta karya kincir angin yang menjadi pembangkit listrik dan penggerak irigasi. Kincir angin sesuai dengan minatnya pada cara berbagai alat bekerja, sekaligus memberi penerangan dan pengairan buat masyarakat desanya.

.

What can you learn from a library book? 14-year-old inventor William Kamkwamba used a library book to design a windmill and supply his family with electricity. Check out this Collin Library book, The Boy Who Harnessed the Wind: Creating Currents of Electricity and Hope, by William Kamkwambe and Bryan Mealer (PRC Library TJ825 .K36 2009)

http://www.ted.com/…/william_kamkwamba_on_building_a_windmi…

.

Wicak Amadeo's photo.
Wicak Amadeo's photo.
Wicak Amadeo's photo.
Wicak Amadeo's photo.

About ekoharsono

Just a simple person....that's all

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: