//
you're reading...
Creativity, Human being, Motivasi, Pendidikan, Perubahan

Membaca Membuatmu Berbeda Duhai Guruku

Dewi Utama Fayza

May 16, 2015 ·

Jutaan buku telah diterbitkan di dunia ini di setiap waktu. Oleh karena manusia hidup dalam era informasi. Ada majalah, koran, pamflet, paperbacks, brosur, dan juga “junk” mail. Semua bentuk komunikasi yang dilakukan dalam media cetak itu membutuhkan ketrampilan agar kita sebagai manusia yang hidup di abad modern ini cerdas, mampu memilih-milah bacaan yang bermanfaat dan belajar sebagai pembaca yang efektif.

Guru sebagai pendidik harus memiliki niat kuat untuk merubah dirinya dari kurang membiasakan diri membaca ke arah mampu membiasakan dirinya membaca., sebelum mereka membiasakan anak didiknya membaca. Jika guru memiliki keterbatasan dalam membaca, maka janganlah bersedih patah semangat. Mulailah pancang niat kuat untuk mau berlatih, berlatih, terus berlatih membaca!

Ada beberapa langkah yang bisa dimulai untuk guru mulai belajar membiasakan dirinya sebagai pembaca, agar kelak menjadi guru yang “literer”.
1. Setiap hari harus membaca buku. Buku apa saja yang disukai. Mulai dari buku resep masakan, yang dipenuhi aneka bumbu, bahan, dan takaran, serta tutorial langkah-langkah memasak dan cara menyajikannya dengan aneka gambar menarik. Buku dan majalah masakan sungguh istimewa, karena akan mendorong anda berpraktik melakukannya. Sehingga dampak membaca juga akan menjalar pada ketrampilan memasak. Ketrampilan memasak ini sangat terkait erat dengan literasi dasar (basic literacy) bagian dari aspek “perceiving and drawing”. Saat anda mampu memaknai bacaan resep masakan untuk didorong berbuat melakukan sesuatu yang bermanfaat, maka itu bermakna bahwa dengan membaca buku dan majalah tentang resep masakan itu, telah membentuk kemampuan anda untuk mampu mengorganisasikan diri anda sendiri sebagai pembaca yang pembelajar. Kemudian jika peringkat membaca Anda sudah mulai bagus, maka mulailah membaca buku-buku yang mengayakan diri Anda sebagai guru. Sebaiknya bacalah buku pengetahuan yang banyak gambar, agar otak Anda dirangsang dengan cara yang menyenangkan. Jika level membaca Anda semakin tinggi, kelak buku-buku filsafat pun akan Anda lalap untuk dibaca.
2. Disiplin diri untuk mau membaca. Setelah membaca buatlah jadwal membaca per minggu. Buku apa yang dibaca, jam berapa, dan manfaat yang dirasa.
3. Membaca berkaitan erat dengan kegiatan “neurological basis”. Jika Anda membaca dengan disiplin maka Anda akan mudah berkonsentrasi dengan memperhatikan tanda baca, memahami kosakata baru dan sebagainya. Dengan proses membaca, otak akan dirangsang bekerja dengan aktif, dan tidak ada istilah otak gagal dan otak bodoh.
4. Membaca memberi rasa percaya diri yang lebih saat berada dalam sebuah komunitas. Anda akan didorong berperan aktif, sebagai fasilitator atau narasumber, karena Anda dianggap orang yang berilmu dan terdidik.
5. Membaca merawat keingintahuan anda untuk senantiasa aktif bekerja. Anda akan menjadi manusia yang mudah beradaptasi dengan lingkungan di manapun anda berada. Oleh karena Anda senantiasa membaca, memahami segala sesuatu yang anda baca lewat sensori-indrawi Anda.
“The head is not really like a pot——– the more empty it is of ideas, the more difficult it is to put anything in hit! The fuller it is with a wealth of background information, the more you can add to it, retain, and remember”.

Ingat, membaca tidak akan membuat IQ Anda menjadi tinggi—GENIUS, jika Anda tidak memahami dan melakukan proses membaca dengan baik. Jika Anda tidak memahami dan menemukan cara unik Anda, dan selanjutnya memahami cara membaca yang berbeda di setiap manusia, tentunya juga cara unik anak didik Anda membaca. Untuk itulah Anda sebagai guru harus memiliki ilmu dan selalu berpraktik agar mampu sukses menolong diri Anda sebagai pembaca yang efektif sebelum Anda menjadi model bagi anak didik Anda di sekolah.

Selamat MERAYAKAN HARI BUKU NASIONAL PADA TANGGAL 17 MEI 2015. Semoga semua guru bahagia menjadi guru, karena guruku senang membaca buku, sehari satu untuk menambah ilmu.

Salam Literasi dari Provinsi Termuda
Kalimantan Utara.

About ekoharsono

Just a simple person....that's all

Discussion

One thought on “Membaca Membuatmu Berbeda Duhai Guruku

  1. Keren.. terima kasih sharenya

    Posted by jkidutamedika | May 20, 2016, 8:38 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: