//
you're reading...
Creativity, Human being, Motivasi, Perubahan

Kreatif Belum Tentu Inovatif

Banyak perusahaan yang mengundang saya untuk mengadakan Workshop Creativity and Innovation untuk para karyawan di perusahaannya. Nah yang menarik adalah ketika saya iseng tanya pada pihak yang mengundang saya, “menurut Anda apa beda kreatif dan inovatif?” Ternyata jawabannya beragam. Bahkan ada yang bingung membedakan keduanya. Padahal ini adalah dua kata yang sekarang jadi trending topic di dunia bisnis.

Nah supaya nggak salah paham, sekaligus supaya nanti bisa lebih nyambung ketika saya bahas tentang keduanya pada tulisan-tulisan saya berikutnya, yuk kita lihat perbedaan keduanya.

‘Kreatif’ itu mengacu pada sifat orangnya. “Si Fulan itu orangnya kreatif”, artinya si Fulan punya kemampuan untuk berfikir dengan cara yang berbeda dari kebanyakan orang, sehingga Fulan tidak terjebak menerima kebasaan-kebiasaan yang sudah dianggap lumrah oleh masyarakat. Fulan juga mampu melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang beraneka ragam, karena dia memiliki daya imajinasi yang tinggi.

Sementara ‘inovatif’ itu mengacu pada sebuah hasil karya, bisa produk atau jasa. Hasil karya yang memiliki unsur keterbaruan sehingga memiliki nilai yang lebih tinggi disebut dengan produk atau jasa yang inovatif.”Apple adalah perusahaan yang paling inovatif”, “Iphone merupakan produk yang sangat inovatif”.

Si Fulan yang kreatif itu mampu menciptakan produk yang inovatif. Begitu dudukannya. Maka ada pelatihan tentang ‘Creative Thinking’, itu tujuannya adalah untuk membantu kamu punya kemampuan menjadi orang yang kreatif. Sementara pelatihan tentang ‘Innovative Product Designs’ akan membantu kamu memanfaatkan kreativitas yang kamu miliki untuk menciptakan sebuah produk yang inovatif.

Kesimpulannya adalah, kreatif itu merupakan modal dari inovatif. Tanpa daya kreativitas yang tinggi, mustahil Anda bisa menciptakan produk yang inovatif. Namun perlu juga diingat, bahwa tidak semua orang yang kreatif maka otomatis mampu menciptakan produk atau jasa yang inovatif. Itu sebabnya, inovasi punya pelatihannya sendiri.

InsyaAllah saya akan menulis lebih jauh dan lebih mendalam tentang ciri-ciri inovasi dan bagaimana Anda bisa menciptakannya dalam bisnis, karir maupun rumah tangga Anda di Fan Page Cipta Consulting with Indrawan Nugroho.

Nah sambil menunggu tulisan saya yang semakin menarik itu, silakan kunjungi dulu Fan Page Cipta Consulting with Indrawan Nugroho. Jangan lupa klik tombol ‘Like’ di halaman Fan Pagenya agar tulisan saya muncul di linimasa (timeline) kamu.

Selamat berKreatif Ria!

Indrawan Nugroho
Business Innovator
CEO CIPTA Consulting

About ekoharsono

Just a simple person....that's all

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: