//
you're reading...
Human being, Kemandirian, Motivasi, Pendidikan, Perubahan

Logika, Kepemimpinan dan Akhlak. Ada dimana ketiganya dalam Pendidikan Berbasis Fitrah?

Harry Santosa – Millenial Learning Center

Logika adalah potensi manusia yang kita kenal dengan fitrah belajar dan bernalar. Setiap manusia lahir dengan potensi belajar dan bernalar yang hebat. Fitrah ini puncaknya ada di usia 7 – 10 tahun. Potensi Fitrah belajar dan bernalar ini sangat hebat teraktualisasi jika diinteraksikan dengan ayat ayat Kauniyah atau Alam semesta. Jika fitrah ini teraktualisasi atau terhidayahkan dengan hebat maka peran yang dicapai adalah memberi rahmat bagi semesta alam. Apa buahnya? Tentu saja akhlak terhadap Alam Semesta.

Kepemimpinan adalah potensi manusia yang kita kenal dengan fitrah bakat dan kepemimpinan. Setiap manusia lahir dengan sifat bawaan (bakat) yang unik yang merupakan fitur unik, yang kelak akan menjadi peran spesifik peradaban termasuk peran kepemimpinan dalam bidang peran spesifiknya itu. Golden age fitrah bakat dan kepemimpinan ini ada di usia 11- 14 tahun. Potensi fitrah ini akan hebat jika diinterksikan dengan realita kehidupan dan sosial. Jika fitrah ini teraktualisasi atau terhidayahkan paripurna maka peran yang dicapai adalah membawa kabar gembira (bashiro) dan peringatan (nadziro). Apa buahnya? Tentu saja akhlak bagi kehidupan dan zaman.

Akhlak dalam makna moral dan spiritual, ini adalah potensi manusia yang berangkat dari fitrah iman dan beragama. Setiap manusia lahir sudah bertauhid Rubbubiyatullah, yang kelak akan berkembang menjadi Tauhid Uluhiyatullah. Golden age bagi fitrah ini ada di usia 0-7 tahun. Fitrah iman dan beragama ini akan teraktualisasi atau terhidayahkan dengan hebat apabila diinteraksikan dengan nilai nilai dalam Life System atau Kitabullah. Jika potensi fitrah iman dan beragama tumbuh hebat maka peran yang dicapai adalah menyempurnakan akhlak. Apa buahnya? Tentu akhlaq terhadap Allah. Akhlak ini melingkupi semua akhlak lainnya.

Semua peran2 di atas jika terwujud maka barulah kita bisa mengatakan bahwa tujuan penciptaan telah dipenuhi, yaitu untuk beribadah kepada Allah, menjadi khalifah di muka bumi, pemakmur bumi dan pemimpin orang bertaqwa. .

Salam Pendidikan Peradaban
‪#‎pendidikanberbasisfitrah‬ dan akhlak
‪#‎pendidikanberbasispotensi‬

About ekoharsono

Just a simple person....that's all

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: