//
you're reading...
Creativity, Entrepreneurship, Kemandirian, Motivasi, Perubahan

Patahnya Mitos Lone Genius

Hari kemarin, teman-teman peserta Competitive Innovation Workshop mulai mengeksplorasi ide untuk menemukan celah yang tepat dalam menaklukkan pasar. Tujuannya adalah untuk menemukan jalan terbaik, termudah, dan tercepat untuk Rise above the crowd.

Mereka bekerja dalam kelompok. Saling memancing dan bertukar ide. Dari mengidentifikasi realita pasar hingga mengupas strategi pesaing. Dua kepala lebih hebat dari satu, begitu kata orang bijak. Nah sekarang bayangkan ada lima kepala bersinergi, dengan dipandu alur proses eksplorasi yang berstruktur. Hasilnya adalah penemuan-penemuan baru diluar apa yang terpikirkan sebelumnya.

Hal yang lebih menarik lagi, setiap peserta diminta mendukung dan membantu rekannya dalam berinovasi secara konkrit di kelas. Apa yang terjadi? Ketika kita arahkan fokus kita untuk membantu orang lain, kita justru menjadi lebih kreatif. Ilham mudah sekali muncul. Plus semuanya jadi lebih asyik. Bayangkan. Ide-ide bertebaran di kelas, maka yang Anda perlu lakukan hanyalah menangkap mana yang paling relevan untuk Anda.

Apa yang terjadi di kelas kemarin mematahkan mitos Lone Genius, yang menyiratkan bahwa seorang inovator adalah seorang jenius yang bekerja sendirian. Ketika Anda bersinergi dengan orang-orang yang punya semangat saling membantu mencari solusi, maka semua orang di kelompok itu menjadi jauh lebih jenius dibandingkan jika mereka bekerja sendirian.

Nah hari ini kami akan masuk pada fase yang lebih seru lagi, yaitu menciptakan Product Blueprint. Inilah cikal bakal Masterpiece yang jadi senjata utama mereka dalam menaklukkan pasar. Sebuah mahakarya yang akan mendefinisikan identitas mereka. Sebuah solusi inovatif yang jadi tiket mereka untuk Rise above the crowd.

Saya sudah tidak sabar ingin segera memulai Workshop hari kedua ini. Apa yang akan terjadi ya, jika seorang ahli Ruqyah, ahli tata kota, dan pakar digital forensics saling bertukar ide? Produk inovatif apa yang akan tercipta?

Indrawan Nugroho
Business Innovator
CEO CIPTA Consulting

Indrawan Nugroho's photo.

About ekoharsono

Just a simple person....that's all

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: