//
you're reading...
Creativity, Ekonomi, Entrepreneurship, Review

Inilah Kenapa Banyak Bisnis Gagal

Kita semua tahu bahwa lebih banyak bisnis yang gagal dibanding yang berhasil. Ada yang bilang bahkan 8 dari 10 bisnis gagal di 5 tahun pertamanya. Kenapa kok bisa begitu? Banyak penyebabnya tentu saja. Bisa jadi karena Anda tidak jago jualan, akhirnya produk hanya nongkrong di gudang. Atau bisa juga karena jaringan distribusi yang tidak terbangun dengan baik. Atau bisa jadi karena kekurangan modal di tengah jalan atau tidak berhasil membentuk tim dan sistem yang kuat.

Ada satu penyebab yang jarang dibahas dalam seminar atau artikel bisnis, yaitu sebuah kesalahan yang terjadi sebelum Anda memulai bisnisnya. Bob Sadino dulu pernah bilang bahwa, “bisnis yang bagus adalah bisnis yang dimulai”. Saya setuju dengan perkataan beliau. Soalnya banyak orang punya ide usaha tapi bisnisnya hanya dikepalanya saja, alias tidak kunjung diwujudkan.

Namun demikian, memulai sebuah bisnis tanpa strategi yang tepat ibarat masuk hutan belantara yang penuh dengan binatang buas tanpa pengetahuan medan dan perlengkapan perang yang tepat. Itulah sebabnya banyak bisnis yang mati konyol dibanding yang berhasil menaklukkan pasar dan tumbuh berkembang.

Sebelum memulai bisnis, Anda harus punya strategi yang tepat. Anda perlu menetapkan dengan cerdik siapa pelanggan yang Anda ingin garap, apa masalah mereka yang ingin Anda selesaikan melalui produk atau layanan Anda. Pelajari arena permainan disitu. Siapa saja kompetitornya, seberapa besar pasarnya. Kemudian temukan celah kesempatan untuk masuk secara cantik di pasar itu.

Intinya, pastikan ada kesesuaian yang kuat antara masalah yang dialami pelanggan dan solusi yang Anda tawarkan melalui produk dan layanan Anda (disebut dengan Problem/Solution Fit). Setelah itu pastikan bahwa produk dan layanan tersebut benar-benar diinginkan oleh pasar (disebut dengan Product/Market Fit).

Anda boleh hebat dalam berjualan, mampu membangun jaringan distribusi yang luas, memiliki tim yang kuat dengan sistem produksi yang baik sehingga mampu menjamin ketersediaan produk dan menyajikannya dengan wow. Namun jika Problem/Solution Fit tidak terjadi, maka semua itu menjadi sia-sia. Pelanggan tidak akan membeli produk Anda. Jika pun akhirnya membeli, jika tidak ada Product/Market Fit maka bisnis Anda tidak akan bertumbuh.

Indrawan Nugroho
Business Innovator
CEO CIPTA Consulting

About ekoharsono

Just a simple person....that's all

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: