//
you're reading...
Human being, Pendidikan, Perubahan

Kecerdasan Dalam Gerakan

Dewi Utama Faiza

Penting diingat bahwa:
Anak bukanlah manusia kecil yang suka duduk diam tak bersuara. Anak adalah manusia kecil yang terkadang pemalu. Anak adalah manusia yang sangat egois. Anak adalah manusia yang suka dipuji, dibanggakan, selalu ingin dipentingkan. Anak adalah manusia pemimpi besar. Anak adalah manusia yang penuh kelembutan. Anak adalah manusia yang suka memulai (beginners). Anak adalah manusia yang selalu haus akan stimulasi. Anak adalah manusia yang selalu bau keringat, bau tanah, sederhana, praktis, dan konkrit. Anak adalah manusia yang penuh kerelaan dan keikhlasan. Anak adalah manusia yang butuh dibaca dan membaca (illiterasi dan literasi). Anak butuh bergerak melakukan sesuatu untuk mengeluarkan energi bathiniah dari dalam diri membentuk “kepedulian diri yang penuh estetika”— aesthetic awareness.

Membahas masalah sekitar “BERGERAK”, ini sangat penting sekali.

MENGAPA ANAK AKTIF?
Karena anak memiliki sel otak yang bekerja aktif dalam tarian emosi, saling berangkulan dari kanan ke kiri….. Anyam menganyam saling bersilaturahim. Jika semua sel syaraf otak anak aktif bergerak, maka 100 milyar sel otak akan berkembang menjadi 100 trilyun.

Mendidik dan mengajar menghendaki pergerakan pisik yang bersangkut-rapat dengan pertumbuhan batin untuk mencerdasan hati dan otak
(good and smart).

Bagaimana caranya?
Melalui gerakan motorik kasar dan halus, misalnya tarian, bermain musik, berkebun, pekerjaan tangan yang bertujuan agar jari-jemari anak mendapat asuhan yang baik dalam bergerak dan bekerja, sehingga akan muncul kreativitas hidup, dan melahirkan sifat-sifat hidup yang produktif di lapangan penghidupan.

Ingatlah!
Musik, gerakan, dan tarian merupakan sejarah kinetik kemanusiaan. Riset Dr Richard Beasley, Director of the Medical Research Institute of New Zealand menyampaikan bahwa tubuh manusia dirancang untuk ‘gaya hidup manusia gua”…
Aktif, lincah, tangkas, dan terus-menerus bergerak. Sementara pendidikan kita merancang proses pembelajaran dengan cara duduk pasif di dalam kelas selama berjam-jam. Sementara takdir saat ini yang dijalani dan menimpa anak-anak kita untuk duduk berlama-lama adalah terpapar Video games (narkoba mata). Sementara Riset Dr Richard Beasley melanjutkan bahwa kegiatan banyak duduk di dalam ruangan kelas akan memicu pembekuan darah yang fatal (trombosis). Di New Zealang saat ini ada 9 juta pekerja muda terancam mandul karena banyak duduk di depan komputer dan sederet risiko lainnya yang menjadi faktor pemicu tumbuh suburnya berbagai penyakit dan syndroma-syndroma menimpa anak kita hingga ia dewasa.

Duhai Ayah Ibu, Bapak dan Ibu Guru…….
Hitunglah berapa jam anak-anak kita duduk sejak mereka belajar duduk di masa bayi. Masa berjalannya dipaksa kembali duduk berjam-jam saat ia memasuki TK, PAUD SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi hingga ia memasuki ke dunia kerja.

Engku Sjafei (Menteri Pendidikan dan Pengajaran tahun 1947) memiliki sebuah ide cemerlang untuk merubah cara-cara pembelajaran pasif ini melalui kebijakan pendidikan yang inspiratif, dituliskan dalam buku “Indonesia Menuju Arah AKtif”, di mana beliau menyampaikan “Melalui gerakan motorik kasar dan halus, misalnya tarian, bermain musik, berkebun, pekerjaan tangan yang bertujuan agar jari-jemari anak mendapat asuhan yang baik dalam bergerak dan bekerja, sehingga akan muncul kreativitas hidup, dan melahirkan sifat-sifat hidup yang produktif di lapangan penghidupan”.Pemikiran Engku ini ternyata masih terpakai hingga kapan pun.

Semoga bermanfaat, selamat beraktifitas.
Salam DUF

About ekoharsono

Just a simple person....that's all

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: