//
you're reading...
Creativity, Ekonomi, Entrepreneurship, Kemandirian, Perubahan

Musuh Bebuyutan Yang naik Pelaminan (IBM – APPLE)

Tahun 1984 Apple meluncurkan iklan yang sangat fenomenal. Iklan yang disutradarai oleh Ridley Scott (Alien, Blade Runner) itu menggambarkan sebuah dunia yang di dominasi oleh sosok teknologi yang dipanggil dengan Big Blue. Dalam iklan itu, seorang perempuan dengan pakai gaul era 80an, terlihat berlari sambil membawa sebuah palu besar. Perempuan itu kemudian melempar palu itu ke arah layar besar yang menampilkan sosok Big Blue hingga hancur berantakan. Orang-orang pun terbebas dari dominasi Big Blue.

Jelas Big Blue itu adalah IBM dan perempuan itu adalah Apple. Iklan itu menjadi simbol genderang perang yang ditabuh Apple untuk memulai perang terbuka terhadap IBM. Kala itu Apple masih perusahaan kecil sementara IBM adalah sang raksasa. Sejak ditayangkan iklan itu, kisah rivalitas daud dan goliat ini selalu menarik untuk dibahas.

30 tahun kemudian, tepatnya Juli 2014, Apple mengumumkan kerjasama dengan IBM untuk menciptakan serial Aplikasi khusus Enterprise bernama IBM Mobile First for iOS. Kedua musuh bebuyutan itu akhirnya memutuskan untuk naik ke pelaminan. Memang ini bukanlah merger dua perusahaan, melainkan sebuah upaya ko-kreasi, tapi tetap saja menarik untuk dibahas.

Sesungguhnya para pengamat tidak kaget mendengar pengumuman itu, bagi mereka ini hanya masalah waktu saja kapan kedua perusahaan itu akan melakukan ko-kreasi . Oh ya, ko-kreasi adalah ketika ada dua atau lebih pihak memanfaatkan kekuatannya masing-masing untuk bekerjasama menghasilkan satu produk bersama. Dalam hal ini IBM yang jago di Big Data dan analytics bekerjasama dengan Apple yang punya Device plus ekosistem teknologi yang paling mumpuni.

Glenn Finch, Global Managing Partner IBM mengatakan, “semakin lama, tuntutan pelanggan semakin tinggi sehingga tidak mungkin ada satu perusahaan, seberapa pun besarnya, mampu memenuhi tuntutan itu sendirian. Partnership merupakan suatu keniscayaan yang tak terelakkan, dan partnership yang paling transformational dan disruptive tercipta dari arah yang paling tidak terduga, IBM dengan Apple.”

Sekarang ini jamannya kolaborasi dan ko-kreasi. Siapa yang hanya mengandalkan kemampuan dirinya sendiri saja akhirnya akan kalah. Nah lucunya, di Indonesia ini jangankan bekerjasama, para pengusaha atau perusahaan disini justru saling menghujat, menfitnah, bahkan menjatuhkan. Definisi menang menurut mereka adalah ketika yang lain berhasil dikalahkan. Padahal tidak harus begitu, kalau Anda mau kolaborasi dan ko-kreasi, semua bisa menang.

Coba sekarang pikirkan, kalau para pengusaha di Indonesia saling menjatuhkan, maka siapa yang akan diuntungkan? Jelas pengusaha atau perusahaan asing yang sekarang ini berbondong bonding masuk Indonesia. Sejarah berulang. Divide et impera. Naudzubillah.

Maka dari itu saya berharap dalam waktu dekat ini banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia, baik kecil, sedang, maupun besar, yang naik pelaminan. Melakukan kolaborasi dan ko-kreasi untuk bisa melayani dan memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik lagi. Dengan begitu, pelanggan kita tidak akan bisa dicuri oleh perusahaan asing yang beroperasi disini.

Kolaborasi sesungguhnya tidak harus dengan sesama perusahaan Indonesia. Boleh juga dengan perusahaan asing, kalau itu bisa mengamankan pasar kita. Misalnya, maskapai penerbangan Garuda indonesia berkolaborasi dengan Etihad untuk melayani penumpang pada rute-rute jarak jauh yang tidak bisa terlayani jika mereka berkerja sendirian. Disini Garuda mengamankan penumpangnya agar tidak lari ke maskapai lain, walaupun harus berbagi keuntungan dengan maskapai lain.

Nah saya penasaran, menurut teman-teman semua, perusahaan atau jenis usaha apa saja ya yang bisa saling berkolaborasi? Berikan contohnya! Silakan tulis ide kamu di kolom komen dibawah ini.

Indrawan Nugroho
Business Innovator
CEO CIPTA Consulting

About ekoharsono

Just a simple person....that's all

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: