//
you're reading...
Creativity, E - Learning, Ekonomi, Information Technology, Kemandirian, Motivasi, Perubahan, Review

Gelombang Revolusi Industrial Internet

Tweet@HandryGE
Sunday, October 18, 2015

Einstein said that “I never think about the future β€” it comes soon enough.” quote from TEDx Marco Annunziata th. 2013 #IndInternet

Bbrp minggu lalu, Marco membuat tulisan berjudul “The Moment of Industry”…kembali Chief Economist GE ini mempesona saya. #IndInternet

Sharing malam ini akan berkisah tentang Industrial Internet ( #Indinternet ) suatu gelombang baru yang akan datang secara dahsyat

Internet telah mengubah cara kita hidup, dari berbelanja sampai mengatur liburan. Tapi revolusi yg sesungguhnya baru dimulai #IndInternet

Kemudahan berbelanja, mencari informasi, mengatur perabotan rumah tangga dengan internet, adalah Consumer Internet. #IndInternet

Dengan consumer internet, e-commerce jadi bagian budaya hidup. Banyak sekali hal yg bisa dikerjakan dgn on-line saat ini. #IndInternet

Consumer Internet mewabah dengan banyaknya Apps yang tercipta dan menghasilkan fenomena yang disebut “Apps economy” #IndInternet.

Nilai “apps economy” ini pada tahun lalu jauh lebih besar dari APBN kita, dan lebih besar dari industry film Holywood! #IndInternet

salah satu “supplier” pada “Apps economy” adalah saya, yg belanja di game Angry Bird..πŸ™‚ #IndInternet

Tahun lalu ada 5.5 juta apps developer yg membuat 2.6 juta apps dan hasilkan nilai ekonomi setara 300 miliar dollar! #IndInternet

Prediksinya, di tahun 2017, jumlah apps developer dan apps yg dihasilkan akan naik 2x lipat dgn nilai ekonomi $700 milyar. #IndInternet

Lagi2x pertumbuhan dan dampak Consumer Internet itu belum apa2x dibanding gelombang baru yang akan muncul. #IndInternet

Sebentar lagi, lampu sorot dunia akan beralih dari Consumer Internet ke Industrial Internet. #IndInternet

Seperti juga Consumer Internet, Industrial Internet adalah bisnis berbasis software…dan ide! #IndInternet

Platform, seperti Google Android atau Apple iOS operating systems, berperan penting dalam pertumbuhan Consumer Internet. #IndInternet

Nah…saat ini, industrial internet sudah memiliki platform untuk membuat Apps di dunia Industri…yaitu Predix dari GE. #IndInternet

Software ini adalah bisnis masa depan dan “differentiator” terhadap kompetitor… #IndInternet

Karena bisnis software mampu fleksibel dan adaptif…serta berkembang dengan banyaknya inovasi yg ada. #IndInternet

Jika Consumer Apps Economy sdh mulai mature dan menyediakan “low hanging fruit”, maka Industrial Apps Economy baru mulai. #IndInternet

Diperkirakan, nilai dari global Industrial Apps economy ini sebesar 43 triliun dollar pada tahun 2025..atau >40% GDP dunia! #IndInternet

Estimasi McKinsey pada tahun 2025, nilai ekonomi/thn Industrial Internet 11 triliun dolar, 3x lipat dari Consumer Internet. #IndInternet

Nah, pertanyaannya, apa aja sih yang dibikin oleh Industrial Internet (or kadang diistilahkan Internet of Things) tersebut? #IndInternet

Pada dasarnya adalah meningkatkan efisiensi dan kinerja dari industri. Makanya #IndInternet berdampak lbh besar dr consumer internet.

Kalau dalam consumer internet, aktifitas industri ritel jadi berubah (banyak yg gulung tikar), dlm #IndInternet nggak gitu.

Industri yang menghasilkan produk mesin/komponen infrastrukur malah dapat peluang utk jadi lebih efisienkan produknya. #IndInternet

Industrial Internet membuat pembangkit listrik jadi lebih efisien, rumah sakit bisa menghandle pasien lbh banyak, #IndInternet

industrial internet di industry penerbangan akan membuat delay dan cancellation menurun..jadi bs angkut penumpang lbh bnyk. #IndInternet

Dua tahun lalu, dgn asumsi industry penerbangan bisa lebih efisien 1% saja, akan menghasilkan nilai ekonomi 8 milyar dolar. #IndInternet

Dengan pertumbuhan dan akselerasi Industrial Internet saat ini, diperkirakan efisiensi industry bisa mencapai 20%! #IndInternet

#IndInternet, parallel dengan 3D printing, akan mengubah cara binis dunia. Bisnis adlh soal efisiensi, produktivitas, kinerja.

Nah, sekarang, gimana dengan Indonesia? ini selalu menjadi proses berpikir saya…ujung2xnya selalu “gimana Indonesia?” #IndInternet

Buat saya nih, pertama2x yg penting adalah awareness….kita sudah banyak yg bisa bikin consumer internet apps… #IndInternet

Tapi yg niru2x dan aji mumpung asal keliatan keren aja di Consumer Internet apps juga banyak…nggak kreatif banget. #IndInternet

Akibat dari niru2x dan tidak kreatif itu adalah “Surplus Society”. Semuanya sama…nggak ada value pembeda

Bagikan info dan ilmu ttg industrial internet ke banyak orang…agar jagoan2 kita nggak cuma bikin apps consumer internet. #IndInternet

kita ini soalnya suka latahan dan bangga kalau bisa niru sih…jadi deh semua focus sama yg lagi hits aja.. #IndInternet

Karena ke depan ini manufaktur bakal penting lagi, maka Indonesia perlu merevolusi cara pengaturan industrinya. #IndInternet

Yang kedua, karena ini zamannya ide, open innovation di mana2x, dan crowdsourcing juga di mana2x, lahirkan banyak ideas di #IndInternet

Miliki network yang baik dalam konteks ke mana nanti ide dan penemuan yg ada ini bisa dibuat kerjasamanya. #IndInternet

Khusus dlm network ini, kalau ga pede dan ga berani explore ke luar Indonesia, nggak banyak dapet ilmu dan info nya nanti. #IndInternet

Mudah2x-an pd tahun2x mendatang pemerintah juga punya insentif utk industri2x yg memiliki efisiensi & kinerja yg meningkat. #IndInternet

Yah, gitu dulu deh…nanti coba disambung lagi…ini botol susu Amanda & Amelia belum dicuci dan disterilisasi nih..πŸ™‚ #IndInternet

Semoga bermanfaat cerita Industrial Internet ini…malam.. #IndInternet

About ekoharsono

Just a simple person....that's all

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: