//
you're reading...
Creativity, Human being, Motivasi, Perubahan

Tidak Ada Orang Hebat Jalan Sendirian

Indrawan Nugroho
15 April 2016

Meneruskan dua tulisan sebelumnya. Pagi ini saya tuntaskan membahas kunci sukses ketiga dari Program Pemberdayaan Jenius Lokal. Kunci sukses ini bisa Anda aplikasikan untuk mengembangkan diri Anda maupun bisnis Anda. Kunci sukses ketiga itu adalah kolaborasi aktif.

Program Jenius Lokal merupakan sebuah projek nasional yang melibatkan banyak pihak. Komunitas SuksesMulia sebagai penyelenggara program memiliki pengurus daerah di 22 kota. Kami bekerja sama dengan 30 komunitas lain di Indonesia. Juga tentunya, kami di bantu oleh 10 Coaches dan 3 Mentor terbaik di Indonesia. Semuanya berkontribusi untuk program ini tanpa dibayar sepeser pun.

Sejak awal kami sadar bahwa tidak mungkin kami jalankan program ini sendirian. Mimpi kami terlalu besar untuk dipikul sendiri. Tidak ada satu orang atau kelompok yang hebat dalam segalanya. Kami perlu berkolaborasi dengan banyak pihak yang bisa melengkapi kekurangan kami. Alhamdulillah, kolaborasi tersebut berjalan baik dan berhasil memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat Indonesia. Penghargaan yang kami terima di acara Internasional World Game minggu lalu merupakan kemenangan bersama, bukan hanya satu pihak saja.

Semangat kolaborasi ini juga yang jadi salah satu alasan mengapa Kubik Group terus berkembang hingga hari ini. Saya tahu betul kekurangan saya. Saya mungkin pandai dalam menelurkan ide, membangun konsep dan mendesain strategi. Namun saya lemah dalam hal eksekusi teknis. Saya juga kurang gaul dan malas berjejaring. Untungnya saya punya tim hebat yang bisa menutupi kelemahan pertama saya, dan sahabat serta partner bisnis saya Jamil Azzaini, yang bisa menutupi kelemahan kedua dan ketiga saya.

Itulah syarat sebuah kolaborasi. Setiap orang harus saling melengkapi dan memanfaatkan kekuatan yang dimiliki untuk menutupi kelemahan rekan kolaborasinya. Mas Jamil melengkapi saya. Saya melengkapi mas Jamil. Mas Farid, rekan pendiri Kubik melengkapi kami berdua sebagai mentor yang menjaga arah sekaligus menantang kami terbang tinggi. Kami berdua melengkapi beliau dalam membumikan gagasan liarnya menjadi bisnis yang menguntungkan.

Dalam kolaborasi, semua pihak harus dapat manfaat. Tidak boleh ada satu pihak yang terus memberi sementara dia tidak pernah menerima. Kalau tidak ketemu pola manfaat timbal balik seperti itu maka jangan paksakan berkolaborasi. Berteman saja dulu, jaga silaturahmi. Siapa tahu suatu saat akan ketemu kesempatan dengan pola kerjasama yang semuanya diuntungkan.

Jika sudah ketemu orang yang tepat yang bisa saling melengkapi, apakah itu cukup? Belum. Kolaborasi yang baik perlu di aktivitasi. Ia tidak bisa secara otomatis langsung berjalan sendiri. Lalu apa yang harus Anda lakukan? Anda harus ambil inisiatif memberi terlebih dahulu. Sebanyak-banyaknya. Jangan meminta apalagi menuntut kontribusi rekan Anda. Energi Positif yang Anda suntikkan ke dalam kerjasama Anda akan menyalakan (jump start) pusaran energi dalam tim. Tidak lama kemudian semua pihak akan mulai memberi, dan semua orang akhirnya akan menerima.

Sekarang coba lihat bagaimana Anda bekerjasama dengan orang lain, baik dengan pihak ketiga ataupun dengan orang yang ada dalam tim internal Anda sendiri. Apakah benar bekerjasama atau hanya sama-sama kerja? Jika kerjasama, apakah sudah memenuhi kaidah kolaborasi yang saya sebut diatas?
Manusia tidak ditakdirkan berjalan sendiri di muka bumi ini. Fitrah kita adalah berjamaah. Tidak ada satu manusia yang hebat dalam semua hal. Hanya dengan berkolaborasi kita punya peluang untuk menjadi lebih besar dari diri kita sendiri.

Kami seluruh keluarga besar Kubik Group, Komunitas SuksesMulia, dan seluruh sahabat pendukung Program Pemberdayaan Jenius Lokal percaya, bahwa melalui kekuatan kolaborasi, kami bisa wujudkan sebuah peradaban baru di bumi pertiwi Indonesia, peradaban terbaik SuksesMulia.

Indrawan Nugroho
Business Innovator
CEO CIPTA Consulting
Ini adalah tulisan seri terakhir terkait kunci sukses Program Pemberdayaan Jenius Lokal.

About ekoharsono

Just a simple person....that's all

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: