//
you're reading...
Human being, Motivasi, Perubahan

Keunikan yang Kamu Banget

Indrawan Nugroho
April 14, 2016

Kemarin saya sudah paparkan kunci sukses pertama dari Program Pemberdayaan Jenius Lokal. Kunci sukses yang sama bisa digunakan untuk membangun dan mengembangkan diri dan bisnis Anda. Pagi ini saya akan berbagi kunci sukses yang kedua.

Kunci sukses kedua adalah ‘uniquely you’. Saya agak sulit menerjemahkannya frase ini ke dalam bahasa Indonesia. Kalau diterjemahkan secara parsial, uniquely artinya sifat keunikan. You artinya kamu. Jadi kira-kira maksudnya adalah “keunikan yang kamu banget”. Mari kita bahas satu persatu kedua kata tersebut. Kita mulai dari kata ‘uniquely’.

Dalam buku ‘Purple Cow: Transform Your Business by Being Remarkable’, Seth Godin menceritakan pengalamannya berkendara bersama keluarga di pedesaan Perancis. Mereka terkagum-kagum melihat ratusan sapi yang sedang merumput di tepi jalan. Pemandangan itu terlihat sempurna dan indah. Dua puluh menit kemudian, mereka mulai bosan dan mengabaikan sapi-sapi tersebut. Rombongan sapi lain kemudian terlihat tidak ada bedanya dengan rombongan sapi sebelumnya.

Kebosanan mereka bisa hilang, kalau kemudian mereka bisa menemukan seekor sapi berwarna ungu! Pasti mereka mau berhenti kemudian menghampiri sapi itu dan berupaya menyentuhnya. Lalu mengambil fotonya dan menceritakan keunikan sapi itu pada semua orang melalui media sosial.

Sekeren-kerennya orang atau produk, kalau kekerenan yang sama juga dimiliki banyak orang, lama kelamaan kekerenan itu akan pudar. Mereka tidak lagi menarik. Itulah sebabnya, keunikan diri Anda atau produk yang Anda tawarkan menjadikan Anda pantas diperhitungkan dan dibicarakan. Itulah yang akan mendongkrak nilai diri atau produk Anda dimata pasar atau pelanggan Anda.

Namun, jangan asal unik. Carilah keunikan yang kamu banget. Keunikan itu harus yang mewakili kekhasan diri Anda. Apa yang Anda yakini. Apa yang Anda sukai. Apa yang menjadi kehebatan Anda. Kenapa harus begitu? Karena sebuah mahakarya hanya lahir dari bakat alami yang ditempa atas dorongan minat yang kuat. Semua itu datang dan tumbuh dari diri Anda.

Jangan sibuk berupaya menjadi orang lain, seberapa pun kerennya dia menurut Anda. Kenapa? Pertama, karena belum tentu dia lebih keren dari Anda. Kedua, karena seberapapun kerasnya Anda berupaya, Anda tidak akan pernah bisa menjadi dia. Dia akan selalu jadi ORI dan Anda akan selalu jadi KW-nya dia. Nilai barang KW selalu lebih rendah dari barang ORI.

Gagasan memberdayakan Jenius Lokal memiliki unsur ‘uniquely you’ yang membuat program ini menarik perhatian banyak orang hebat, sekaligus berhasil menciptakan dampak yang nyata. Belum ada program pemberdayaan masyarakat yang secara khusus didasarkan pada Jenius Lokal (disebut juga kearifan lokal).

Jadi, program ini unik. Dan lebih dari itu, Jenius Lokal juga ‘gue banget’.
Saya pribadi punya keyakinan terhadap kekuatan Jenius Lokal dan sangat mencintai keragaman Jenius Lokal Indonesia. Buktinya, disertasi Doktoral saya fokus pada pembuktian bahwa Jenius Lokal Indonesia bisa mendongkrak pertumbuhan bisnis. Jika dilihat dari sudut pandang antropologis, Jenius Lokal Indonesia adalah jati diri bangsa Indonesia. Jadi, untuk semua orang Indonesia, program Jenius Lokal itu ‘gue banget’.

Inilah yang membuat saya yakin bahwa program Jenius Lokal bukan hanya bisa berhasil, namun juga berkelanjutan. Seperti kata Michael Porter, pakar strategi dunia, “keunikan sebuah perusahaan merupakan sumber dari keunggulan kompetitif yang bisa membuat perusahaan tersebut bertumbuh secara berkelanjutan”.

Nah sekarang, coba lihat diri Anda atau produk dan layanan Anda. Sudahkah itu ‘uniquely you’?
Mungkin sudah saatnya Anda merumuskan ulang penawaran Anda.

Indrawan Nugroho
Business Innovator
CEO CIPTA Consulting

About ekoharsono

Just a simple person....that's all

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: