//
you're reading...
Human being, Kemandirian, Leadership, Motivasi, Perubahan

Tidak Semua Permainan Layak Dimainkan

Indrawan Nugroho
April 13, 2016

Sejak Program Pemberdayaan Jenius Lokal mendapat anugerah The Most Impactful Program World Game Award 2016, banyak yang menanyakan apa kunci sukses dari program tersebut. Ijinkan saya menjawab pertanyaan itu melalui serial tulisan saya dalam tiga hari kedepan. Supaya lebih relevan dengan dunia teman-teman semua, maka kunci sukses tersebut saya akan bahas dalam konteks membangun dan mengembangkan bisnis.

Ada tiga kunci sukses. Pertama adalah tujuan yang agung. Jangan bangun bisnis sekedar untuk mencari keuntungan. Bangunlah bisnis dalam rangka memperjuangkan misi besar yang memberi dampak kebaikan bagi banyak orang.
Selama 2 tahun, Global Business Consulting mewawancarai lebih dari 500 eksekutif berskala global untuk mencari tahu mindset kepemimpinan mereka. Masing-masing diminta untuk mengingat kembali masa-masa saat mereka mampu bekerja paling produktif dan menghasilkan karya terbaiknya. Apa yang ada dalam pikiran mereka saat itu?

Dua jawaban mendominasi. Pertama, ketika mereka memiliki purpose yang tinggi (purposeful, 26%). Mereka berada dalam puncak produktivitasnya ketika merasa menjadi bagian dari sebuah tujuan agung, apakah itu menjadikan dunia lebih baik, meninggalkan legacy, atau alasan spiritual. Kedua, ketika pekerjaan mereka berkontribusi langsung terhadap kehidupan orang lain, apakah itu membantu orang lain, merawat mereka, maupun berkolaborasi dengan mereka (other people, 23%).

Apple dan Disney adalah dua perusahaan yang pertumbuhannya sangat tinggi, disaat yang sama memberikan dampak besar bagi dunia. Apa yang menjadi tujuan didirikannya kedua perusahaan tersebut? Apple ingin “memberi kontribusi pada dunia dengan menciptakan alat untuk pikiran yang dapat memajukan umat manusia”. Disney ingin “menciptakan kebahagiaan untuk orang lain”.

Tujuan agung itu inspirasional. Apalagi jika Anda menunjukkan kegairahan yang tinggi (passionate) terhadap upaya mencapai tujuan itu. Tujuan agung Anda akan menarik orang-orang hebat untuk bergabung dan berkolaborasi. Pada dasarnya orang selalu tertarik untuk menjadi bagian dari sesuatu yang besar dan mulia karena kita semua ingin merasa berarti. Orang-orang hebat inilah yang kemudian akan membuat perusahaan Anda tumbuh menjadi besar.

Saya rasa inilah yang membuat para Coaches terbaik Indonesia bersedia berkolaborasi dan memberikan kontribusinya di program Pemberdayaan Jenius Lokal. Hal ini juga yang membuat para talenta SDM terbaik bersedia bekerja di Kubik Group dan memberikan hasil karya terbaiknya setiap hari. Mereka bangga menjadi bagian dari tujuan agung mewujudkan peradaban SuksesMulia di Indonesia.

Sebagai pebisnis skala kecil dan menengah, Anda tidak bisa menawarkan gaji yang tinggi seperti yang ditawarkan perusahaan besar. Maka tawarkan mereka sebuah tujuan yang agung. Ajak mereka untuk membuat perbedaan positif bagi banyak orang. Kemudian hidupkan nilai-nilai perusahaan yang selaras dengan tujuan agung itu. Desain semua aktivitas kerja berdasarkan tujuan agung itu. Niscaya Anda akan punya tim hebat yang bisa menaklukkan tantangan apapun yang ada di depan Anda.

Sekarang silakan lihat kembali apa tujuan Anda menjalani karir, profesi atau bisnis Anda. Apa yang Anda tengah perjuangkan? Hanya untuk mengisi perut Anda atau untuk membuat perbedaan positif bagi banyak orang?
Mungkin sebagian Anda merasa bahwa sekarang belum saatnya berfikir besar seperti itu, “nanti saja kalau bisnis saya sudah berhasil”. Maaf jika saya harus dengan tegas mengatakan bahwa Anda salah. Ingat bahwa apa yang Anda putuskan kemudian jalani, semua bermula dari pikiran Anda. Anda tidak akan pernah jadi besar kalau pikiran Anda kerdil.

Saya ‘berdarah-darah’ di lima tahun pertama membangun Kubik. Di masa itu, datang banyak godaan tawaran kerja yang menggiurkan yang bisa jadi solusi cepat bagi banyak masalah saya saat itu. Tapi saya tetap istiqomah dengan bisnis saya. Kenapa? Karena saya punya tujuan yang agung . Dan saya percaya bahwa Kubik adalah kendaraan terbaik yang bisa membawa saya kesana.
Tidak semua permainan layak dimainkan. Coba lihat kembali karir, profesi, atau bisnis yang tengah Anda jalani. Kemudian tanyakan, “is it a game worth playing?”

Indrawan Nugroho
Business Innovator
CEO CIPTA Consulting

About ekoharsono

Just a simple person....that's all

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: